Aplaus the Lifestyle

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Aplaus the Lifestyle[1]
TipeTabloid mingguan (2010–sekarang)
Tabloid dua kali seminggu (2005–2010)
FormatTabloid
PemilikSupandi Kusuma
PenerbitPT Aplaus Duta Kreasi
Didirikan16 Agustus 2005
BahasaBahasa Indonesia
PusatMedan, Sumatera Utara, Indonesia
Surat kabar saudariAnalisis
Situs web[1]

Aplaus the Lifestyle adalah tabloid gaya hidup Indonesia yang terbit sekali dalam seminggu yaitu pada hari Jumat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Terbit pertama kalinya pada tanggal 16 Agustus 2005 sebagai sisipan Harian Analisa (surat kabar dengan oplah terbesar di Sumatera Utara), Aplaus the Lifestyle (waktu itu masih format tabloid) hadir sebagai perwujudan hasrat Master Supandi Kusuma (pemilik dan pemimpin umum Harian Analisa dan Harian Medan Bisnis) untuk mengembangkan trend dan lifestyle di Kota Medan. Dan, memang Aplaus adalah media cetak lokal bergenre lifestyle pertama di Kota Medan.

Pada awalnya, Aplaus hadir dalam dua wajah untuk dua target pasar yang berbeda namun saling berhubungan, yakni Aplaus Family yang melayani pasar pembaca keluarga dan Aplaus Lifestyle yang membidik pasar pembaca muda Kota Medan.

Pada tahun 2006, Tabloid Aplaus mendapatkan penghargaan MURI sebagai tabloid lifestyle gratis dengan oplah terbit terbesar di Indonesia (60.000 eksemplar). Dan kini, seiring perkembangan dan semakin banyaknya pembaca menyebar di Sumatera Utara, bahkan di Aceh dan Pekanbaru dengan jumlah 65.000 eksemplar.

Beberapa tahun kemudian, Aplaus the Lifestyle kembali berinovasi dengan kreatif. Tepat pada edisi ke-100 yang diterbitkan pada 6 Juni 2009, Aplaus the Lifestyle melakukan perubahan identity dan melirik pangsa pasar yang lebih spesifik dengan melayani target pembaca pada kaum muda yang berusia 18-24 tahun. Tidak hanya perubahan pada target pemasaran, strategi branding dan redaksional juga mengalami pembenahan guna menyajikan konten yang lebih berkualitas dan tepat sasaran. Perubahan ini merupakan sebuah langkah awal yang akan menjadi fondasi perubahan maksimum pada Aplaus the Lifestyle yang memang telah lama direncanakan.

Dan akhirnya, tanggal 19 Agustus 2010 menjadi tanggal bersejarah berikutnya bagi Aplaus the Lifestyle. Bertepatan dengan momen ulang tahun yang ke-5, Aplaus the Lifestyle kembali berinovasi dengan mempermak diri ke format majalah yang lebih reader-friendly dengan tampilan fisik setebal 48 halaman, lebih handy dan dihektar. Tak hanya itu, Aplaus the Lifestyle juga terbit mingguan, tepatnya setiap hari Jum’at.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]