Aornos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lukisan abad ke-19 tentang Pengepungan Aornos.
Batu Aornos, Distrik Shangla, Khyber Pakhtun Khwa (KPK), Pakistan

Aornos (bahasa Yunani Kuno: Ἄορνος) adalah situs pengepungan terakhir Aleksander Agung, yang terjadi pada bulan April 326 SM,[1] di sebuah situs pegunungan yang terletak di Pakistan modern. Aornos memberikan ancaman terakhir terhadap jalur pasokan Aleksander, yang terbentang, sangat rentan, melewati wilayah Hindu Kush hingga Balkh, meskipun Arrian (walaupun tidak mempercayai cerita ini) memuji keinginan Aleksander untuk mengalahkan kerabatnya, Herakles, yang diduga terbukti tidak mampu tidak mampu merebut benteng yang oleh orang Makedonia disebut Ἄορνος Aornos (menurut Arrian dan Diodorus; Aornis menurut Curtius; di tempat lain Aornus): berarti "tanpa burung" dalam bahasa Yunani. Menurut salah satu teori, nama tersebut merupakan perubahan dari kata Indo-Iran, seperti *awarana yang berarti tempat berbenteng. Menurut Arrian, batu tersebut memiliki puncak datar yang memiliki banyak mata air alami dan cukup lebar untuk bercocok tanam: batu tersebut tidak dapat dibuat kelaparan hingga menyerah. Anggota suku tetangga yang menyerah kepada Aleksander menawarkan untuk membawanya ke titik akses terbaik.

Ahli geografi Aurel Stein menyatakan bahwa Aornos terletak di Pir Sar – sebuah gunung yang menjulang di atas ngarai sempit di tikungan hulu Sungai Indus, tepat di sebelah barat Thakot di provinsi Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan. Namun, Ahli Indologi Giuseppe Tucci malah mengusulkan sebuah situs di puncak Elum Ghar (Gunung Ilam), sebuah situs penting dalam agama Hindu, di Khyber Pakhtunkhwa.

Sekretaris Ptolemy dan Aleksander, Myllinas (bukan Eumenes yang terkenal), mengintai dan memperkuat wilayah tetangga di barat dengan benteng pertahanan dan parit. Sinyal tembakannya ke Aleksander juga mengingatkan para pembela Pir-Sar, dan butuh dua hari pertempuran kecil di jurang sempit bagi Aleksander untuk berkumpul kembali. Di sisi utara yang rentan menuju benteng, Aleksander dan ketapelnya dihentikan oleh jurang yang dalam. Agar mesin pengepungan dapat dijangkau, gundukan tanah dibangun untuk menjembatani jurang dengan kayu, semak, dan tanah. Pekerjaan hari pertama membuat gundukan pengepungan semakin dekat 50 meter (55 yd), tetapi ketika sisi jurang semakin curam ke bawah, kemajuan dengan cepat melambat; namun demikian, pada penghujung hari ketiga, sebuah bukit rendah yang terhubung dengan ujung terdekat Pir-Sar berada dalam jangkauan dan berhasil direbut. Setelah itu, Aleksander di barisan depan dan pasukan pertamanya berhasil dipukul mundur oleh batu-batu besar yang terguling dari atas. Penabuhan genderang selama tiga hari menandai perayaan perlawanan awal, diikuti dengan mundurnya pasukan secara mengejutkan. Aleksander mengangkat dirinya ke permukaan batu terakhir dengan seutas tali. Aleksander membersihkan puncak, membunuh beberapa buronan (Lane Fox), yang digelembungkan oleh Arrian menjadi pembantaian, dan mendirikan altar untuk Athena Nike, Athena Kemenangan, yang jejaknya diidentifikasi oleh Stein.[2]

Aleksander sekarang bebas melanjutkan perjalanannya ke Punjab. Pertempuran dahsyat di Sungai Hydaspes akan terjadi di masa depan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sastri 1988, hlm. 54.
  2. ^ Lane Fox (1973); Arrian.

Referensi tambahan[sunting | sunting sumber]