Anwar Makarim

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Drs. Anwar Makarim adalah seorang notaris dan wartawan Indonesia. Ia membuka praktik notaris di Jakarta.[1][2][3]

Ia lahir di Padang, Sumatera Barat dari ayah bernama Syekh Salim Karim, seorang Arab, dan ibu bernama Rika Gamaria, seorang Minangkabau.[4][5] Ia merupakan lulusan Sekolah Tinggi Hukum Jakarta (Rechtshoogeschool). Ia pernah menjadi Pengurus Partai Arab Indonesia yang didirikan pada tahun 1934. Di dalam partai, ia mengelola Majalah Insyaf dengan posisi sebagai staf redaktur. Setelah kemerdekaan Indonesia, ia tergabung dalam Komite Politik Kalangan Arab yang menggalang seluruh aspirasi politik keturunan Arab di Indonesia.[6]

Anwar Makarim menikah dengan Salmah. Pasangan ini memiliki dua orang anak, yakni Nono Anwar Makarim dan Zacky Anwar Makarim.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Apa & siapa sejumlah orang Indonesia. Grafiti Pers. 1984. 
  2. ^ Tempo. Badan Usaha Jaya Press Jajasan Jaya Raya. 1981. 
  3. ^ Oriente moderno: rivista mensile d'informazioni e di studi per la diffusione e la conoscenza dell'Oriente, sopra tutto musulmano (dalam bahasa Italia). Istituto per l'oriente. 1971. 
  4. ^ Indies, Dutch East (1921). Staatsblad van Nederlandsch-Indië over het jaar 1816- (dalam bahasa Belanda). A. D. Schinkel. 
  5. ^ Seminar Sejarah Nasional IV: Sub tema dinamika perkembangan politik bangsa Indonesia. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Sejarah Nasional. 1991. 
  6. ^ Algadri, Hamid (1996). Islam dan Keturunan Arab: dalam pemberontakan melawan Belanda. Penerbit Mizan. ISBN 978-979-433-087-6.