Antrobotika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Antrobotika adalah ilmu yang mempelajari robot yang memiliki kemiripan dengan manusia.

Luis de Miranda mengatakan bahwa antrobotika adalah penggabungan kata dari manusia dan robot. Antrobotika diperkenalkan oleh ahli robotik Mark Rosheim, yaitu perangkat yang setara dengan manusia [1].

Para peneliti di Universitas Tufts dan Institut Wyss Universitas Harvard telah menciptakan robot biologis kecil bernama antrobotika yang merupakan robot biologis mikroskopis sebagai robot rakitan yang terbuat dari sel trakea manusia untuk penyembuhan dan pengobatan regeneratif. Ini adalah kelanjutan dari penelitian di laboratorium Michael Levin, Profesor biologi Vannevar Bush di Sekolah Seni dan Sains Universitas Tufts, dan Josh Bongard di Universitas Vermont yang menciptakan Xenobots, yaitu robot biologis multiseluler dari sel embrio katak.[2]

Ukuran antrobotika mulai dari seukuran rambut manusia hingga ujung pensil runcing memiliki efek penyembuhan pada sel tubuh[2].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Anthrobotics: Where The Human Ends and the Robot Begins". Futurism. 2017-03-07. Diakses tanggal 2024-05-11. 
  2. ^ a b News, Neuroscience (2023-11-30). "Anthrobots: Tiny Biobots From Human Cells Heal Neurons". Neuroscience News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-05-11.