Antônio Pizzonia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Antonio Pizzonia)
Antônio Pizzonia
KebangsaanBrasil Brasil
Karier Superleague Formula
Musim debut2008
Tim saat iniCorinthians
Nomor mobil14
Start10
Menang0
Pole0
Lap tercepat1
Hasil terbaik9th di 2008

Antônio Reginaldo Pizzonia Junior (alias Antônio Pizzonia, lahir 11 September 1980) adalah seorang pembalap mobil professional asal Brasil.

Profil[sunting | sunting sumber]

Pizzonia memulai karier balap pada tahun 1991 saat ia turun diajang gokart. Ia bertahan di ajang itu sampai tahun 1996. Tahun 1997 ia pindah ke Inggris untuk turun diajang Formula Vauxhall, di mana di musim pertamanya ia langsung menjadi runner-up. Tahun 1998 ia bertahan di ajang itu, dan kemudian menjadi juara.

Tahun 1999 ia pindah ke ajang Formula Renault Inggris, dan lagi-lagi di akhir musim ia menjadi juara umum. Atas prestasinya itu, ia pindah ke ajang Formula 3 Inggris pada tahun 2000, dan kembali ia menjadi juara pada tahun pertamanya.

Tahun 2001 ia pindah ke ajang Formula 3000 seri internasional (sekarang menjadi GP2). Di ajang baru itu, ia hanya menempati posisi enam dalam klasemen akhir. Tahun 2002 ia masih bertahan di ajang F3000, dan prestasinya yang bagus menarik perhatian Sir Frank Williams. Pizzonia pun masuk sebagai test driver Williams F1 di musim 2002.

Tahun 2003 ia ditarik tim Jaguar Racing mendampingi Mark Webber. Namun keputusannya bergabung dengan Jaguar kemungkinan besar salah, karena ia tidak bisa bersaing dengan Mark Webber. Di GP Inggris 2003 ia dipecat, dan posisinya digantikan oleh Justin Wilson. Pizzonia akhirnya kembali lagi ke Williams sebagai test driver.

Musim 2004 Pizzonia menghabiskan waktu sebagai test driver Williams, ia sempat turun balapan ketika Ralf Schumacher mengalami kecelakaan di GP AS 2004. Bahkan ia nyaris mendapatkan podium saat balapan di Belgia, sayang ban bocor menghambat ambisinya tersebut. Musim 2005 ia sempat bersaing ketat dengan Nick Heidfeld untuk memperebutkan kursi kedua Williams, sayangnya Pizzonia tidak mau lagi dipasangkan dengan Webber. Sekalipun akhirnya Pizzonia turun balapan di GP Belgia, dan lagi-lagi nyaris mendapatkan podium.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]