Antiangina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Antianginal adalah obat yang digunakan dalam pengobatan angina pektoris, gejala penyakit jantung iskemik.

Golongan obat Antiangina[sunting | sunting sumber]

Obat yang digunakan adalah nitrat, beta blocker, atau calcium channel blocker.

Nitrat[sunting | sunting sumber]

Nitrat menyebabkan vasodilatasi[1] pembuluh kapasitansi vena dengan merangsang faktor relaksasi turunan endotelium (EDRF). Digunakan untuk meredakan angina saat aktivitas dan vasospastik dengan memungkinkan pengumpulan vena, mengurangi tekanan di ventrikel sehingga mengurangi ketegangan dinding dan kebutuhan oksigen di jantung. Nitrat kerja pendek digunakan untuk menghentikan serangan angina yang telah terjadi, sedangkan nitrat kerja lama digunakan untuk manajemen profilaksis kondisi tersebut.

Termasuk gliseril trinitrat (GTN), pentaerythritol tetranitrate, isosorbide dinitrate dan isosorbide mononitrate.

Beta blocker[sunting | sunting sumber]

Beta blocker digunakan dalam profilaksis[2] angina saat aktivitas dengan mengurangi kebutuhan oksigen miokard di bawah tingkat yang akan memicu serangan angina. Mereka dikontraindikasikan pada angina varian dan dapat memicu gagal jantung. Mereka juga dikontraindikasikan pada penderita asma berat karena bronkokonstriksi, dan harus digunakan dengan hati-hati pada penderita diabetes karena dapat menutupi gejala hipoglikemia. Agen termasuk kardioselektif seperti acebutolol atau metoprolol, atau non-kardioselektif seperti oxprenolol atau sotalol.

Calcium channel blocker[sunting | sunting sumber]

Calcium channel blocker (Ca++) (Calcium channel blockers) digunakan dalam pengobatan angina stabil kronis, dan paling efektif dalam pengobatan angina varian (mencegah langsung vasospasme arteri koroner). Mereka tidak digunakan dalam pengobatan angina tidak stabil.

In vitro, mereka melebarkan arteri koroner dan perifer dan memiliki efek inotropik dan kronotropik negatif - mengurangi afterload, meningkatkan efisiensi miokard, mengurangi denyut jantung dan meningkatkan aliran darah koroner. In vivo, vasodilatasi dan hipotensi memicu refleks baroreseptor. Oleh karena itu, efek bersihnya adalah interaksi antara tindakan langsung dan refleks.

Agen Kelas I memiliki efek inotropik negatif paling kuat dan dapat menyebabkan gagal jantung.

Agen Kelas II tidak menekan konduksi atau kontraktilitas.

Agen kelas III memiliki efek inotropik yang dapat diabaikan dan hampir tidak menyebabkan refleks takikardia.

Contohnya termasuk agen Kelas I (misalnya, verapamil), agen Kelas II (misalnya, amlodipine[3], nifedipine), atau agen Kelas III diltiazem.

Nifedipine lebih merupakan vasodilator kuat dan lebih efektif pada angina. Itu termasuk dalam kelas dihydropyridines dan tidak mempengaruhi periode refraktori pada konduksi nodus SA.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pfister, M.; Seiler, C.; Fleisch, M.; Göbel, H.; Lüscher, T.; Meier, B. (1998-10-01). "Nitrate induced coronary vasodilatation: differential effects of sublingual application by capsule or spray". Heart (dalam bahasa Inggris). 80 (4): 365–369. doi:10.1136/hrt.80.4.365. ISSN 1355-6037. PMC 1728824alt=Dapat diakses gratis. PMID 9875113. 
  2. ^ O'Rourke, Stephen T. (2007-09). "Antianginal Actions of Beta-Adrenoceptor Antagonists". American Journal of Pharmaceutical Education (dalam bahasa Inggris). 71 (5): 95. doi:10.5688/aj710595. ISSN 0002-9459. 
  3. ^ "DailyMed - NORVASC- amlodipine besylate tablet". dailymed.nlm.nih.gov. Diakses tanggal 2023-03-05.