Antartika Barat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Peta kosong Antarktika Barat
Gunung es Antarktika di Laut Amundsen

Antarktika Barat, atau Antarktika Kecil, satu dari dua daerah besar Antarktika, adalah bagian dari benua yang terletak di belahan barat termasuk Semenanjung Antarktika.

Letak dan penjelasan[sunting | sunting sumber]

Terletak di sisi Pegunungan Transantarktika menghadap Samudra Pasifik, Antarktika Barat terdiri dari Semenanjung Antarktika dan pulau-pulau lepas pantai seperti Pulau Adelaide, Daratan Marie Byrd, Paparan Es Filchner-Ronne di Laut Weddell, dan Paparan Es Ross. Antarktika Barat terpisah dari daratan utama oleh air es Laut Ross dan Laut Weddell, dan membentuk semenanjung raksasa yang membentang dari Kutub Selatan hingga ujung selatan Amerika Selatan.

Nama ini digunakan selama lebih dari 90 tahun (Balch, 1902; Nordenskiöld, 1905), tetapi penggunaannya mulai banyak dipakai pada Tahun Geofisika Internasional (1957-58) dan penjelajahan yang menyimpulkan bahwa Pegunungan Transantarktika berperan sebagai pemisah daerah antara Antarktika Barat dan Antarktika Timur. Nama ini disetujui oleh Advisory Committee on Antarctic Names (US-ACAN) tahun 1962.

Antarktika Barat ditutupi oleh lapisan es besar yang disebut sebagai Lapisan Es Antarktika Barat (WAIS). Lapisan es ini memperlihatkan tanda-tanda kehilangan massa yang terus meningkat.[1]

Tundra Antarktika Marielandia[sunting | sunting sumber]

Beberapa bagian di Antarktika Barat tidak tertutupi es, yaitu pantai Semenanjung Antarktika, mencakup wilayah keragaman hayati yang dikenal sebagai tundra Antarktika Marielandia (dari Daratan Marie Byrd).[2] Wilayah ini memiliki iklim paling sejuk di Antarktika dan batu berlumut bebas salju selama musim panas, meskipun cuaca dingin dan musim semi sangat pendek.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Antarctic ice sheet is an 'awakened giant'". New Scientist. 2 February 2005. Diakses tanggal 2008-01-26. 
  2. ^ "Marielandia Antarctic tundra". National Geographic. Diakses tanggal 2008-01-26. 

Koordinat: 79°S 100°W / 79°S 100°W / -79; -100