Anjrah Lelanabrata

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Anjar Lelanabrata adalah seorang Guru sekolah menangah pertama Negeri (SMP N) di Wirosasi. ia dilahirkan di Kunduran, Blora, pada 8 Januari 1947. Pendidikan formal yang telah ia ditempuh adalah SMA (1963-1966) dan pernah melanjutkan ke AKABRI akan tetapi gagal, kemudian ia melanjutkan pendidikannya untuk kuliah ke PGSLP.

Selain menjadi seorang tenaga pengajar pada salah satu sekolah di Jawa Tengah, Anjar Lelanabrata juga menjadi seorang penulis. Ia aktif menulis sejak tahun 1963. Berbagai ragam karya tulisan yang telah ia tuliskan antara lain puisi, cerpen dan naskah lakon. Tulisan-tulisannya telah dimuat di beberapa majalah dalam bahasa Jawa, antara lain Dharma Nyata, Dharma Kandha, Kunthi, Panjebar semangat, Jaya Baya, Kumandang, dan Pustaka Candra. Kemudian hasil karya yang penah beliau tulis dalam bahasa Indonesia antara lain Gairah, Bhirawa, Simponi, Media Muda, Bina, dan Kartika Minggu.

Sebagian karya Anjrah Lelanabrata juga aktif dihadirkan pada setiap kegiatan penataran dan sarasehan yang berkaitan dengan bahasaan dan kesastraan dan pernah juga dimuat dibeberapa antologi, di antaranya, Guritan berjudul "Tapel Wates" (Jaya Baya, No. 17, Desember 1971) dan "panggah" (Kumandang, No.62, Januari 1975) dan lainya.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Priyo., Prabowo, Dhanu (2010). Ensiklopedi sastra Jawa. Kementerian Pendidikan Nasional, Pusat Bahasa, Balai Bahasa Yogyakarta. ISBN 9789791852357. OCLC 801810329.