Anjing beruang Karelia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Anjing beruang Karelia
Karelski pies na niedźwiedzie sylwetka.JPG
Seekor anjing beruang Karelia dewasa
Negara asal Finlandia
Ciri-ciri

Anjing beruang Karelia (bahasa Finlandia: karjalankarhukoira; bahasa Swedia: karelsk björnhund; bahasa Inggris: Karelian bear dog, KBD) adalah satu ras anjing Karelia atau Finlandia. Di tanah airnya, ia dianggap sebagai khazanah negara. Anjing ini memburu pelbagai hewan. Refleks pantas dan sifat tidak takut yang ada padanya menjadikannya sangat populer untuk pemburuan buruan agresif, termasuk beruang, moose, dan babi hutan. Kemampuan ras ini untuk memburu dan memberikan perlindungan melawan beruang merupakan perkara yang membuat ras ini memperoleh namanya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Menurut catatan arkeologi, anjing yang sangat serupa dengan laika Rusia-Eropah dan anjing beruang Karelia wujud di Eropa timur laut dan di Skandinavia sejak zaman Neolitik. Standar ras untuk anjing beruang Karelia dan laika kini membutuhkan anjing bertanda hitam dan putih, tetapi pada asalnya ras ini termasuk individu dengan bulu abu=abu serigala dari pelbagai cahaya warna, bulu merah seperti spitz standar dan spesimen hitam dan sawo matang juga.

Anjing beruang Karelia digunakan terutamanya untuk memburu hewan kecil yang berbulu, seperti tupai dan marten. Seperti anjing pemburu elk Norway, anjing beruang Karelia juga digunakan dalam pemburuan moose, lynx, serigala dan, seperti yang terkata dalam namanya, memburu beruang perang Eropa. Dalam pemburuan beruang, sekurang-kurangnnya sepasang anjing beruang akan digunakan untuk mengganggu hewan berkenaan, menyalak nyaring-nyaring, untuk mengalihkan perhatian beruang sementara manusia pemburu datang untuk membunuh.

Anjing beruang Karelia telah digunakan untuk kawalan beruang di Taman Nasional Yosemite dan di Taman Nasional Gletser, dan dengan Departemen Ikan dan Hidupan Liar Negeri Washington.[1]

Ras berkaitan[sunting | sunting sumber]

Nota[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Spitz Templat:Anjing Finlandia