Anis kuku-lurus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Anis kuku-lurus
Orthonychidae
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
UpaordoPasseri
InfraordoOrthonychida
FamiliOrthonychidae
Tipe taksonomiOrthonyx
Species

Anis kuku-lurus ( Orthonyx ) adalah sekelompok burung yang terdiri dari tiga spesies burung pengicau endemik Australia dan Papua . Beberapa pihak berwenang menganggap keluarga Cinclosomatidae Australia sebagai bagian dari Orthonychidae. Ketiga spesies tersebut menggunakan ekornya yang kaku untuk menahan diri saat makan.

Anis kuku-lurus Australia, Orthonyx temminckii, berasal dari timur laut New South Wales dan tenggara Queensland, di mana distribusinya sangat lokal, dan kebiasaannya sangat terestrial. Sayapnya diberi garis putih, dan dagu, tenggorokan, dan dada pada jantan berwarna putih bersih, tetapi pada betina berwarna oranye kemerahan cerah. Bulu terbang-nya sangat pendek, bulat dan banyak melengkung, menunjukkan burung yang terbangnya lemah. Bentuk persegi panjang sangat lebar, batangnya kaku, dan durinya terlepas ke arah ujung. [1] Populasi yang ditemukan secara lokal di Papua sekarang umumnya dianggap sebagai spesies terpisah, yaitu Anis kuku-lurus Papua, Orthonyx novaeguineae .

Chowchilla, Orthonyx spaldingii, dari timur laut Queensland, jauh lebih besar daripada spesies Anis kuku-lurus mana pun, dan memiliki bulu berwarna hitam legam, tenggorokannya berwarna putih pada jantan dan berwarna oranye kemerahan pada betina. [1]

Spesies[sunting | sunting sumber]

Gambar Nama ilmiah Nama yang umum Distribusi
Orthonyx novaeguineae Anis kuku-lurus Papua Papua Nugini
</img> Orthonyx temminckii Anis kuku-lurus Australia Australia bagian timur
</img> Orthonyx spaldingii Chowchilla Australia.

Perilaku dan ekologi[sunting | sunting sumber]

Anis kuku-lurus adalah burung semi-terestrial yang penerbangannya lemah. Mereka benar-benar karnivora, dengan serangga dan larva menjadi makanan utama mereka, sedangkan chowchilla yang lebih besar juga memakan kadal kecil. [2] Mereka mencari makan dengan cara menggali tanah, menggunakan ekornya yang berduri sebagai penyangga di hutan basah.

Struktur sosial dan perkembangbiakan[sunting | sunting sumber]

Anis kuku-lurus memiliki struktur sosial yang agak tidak biasa. Mereka pada dasarnya bersifat monogami, [3] tetapi keturunan pejantan sering kali tetap berada di wilayah kelahirannya selama lebih dari setahun setelah menjadi dewasa. [4] Meskipun demikian, hanya betina yang pernah memberi makan anaknya; pejantan yang jauh lebih besar tinggal terutama untuk tujuan pertahanan teritorial dan melindungi betina dari pemangsaan. Pola retensi anak yang serupa tanpa perawatan alloparental juga terjadi pada burung pengicau berbintik, [5] genus corvid Perisoreus [6] dan genus bustard Eupodotis .

Seperti burung-kecapi, Anis kuku-lurus di Australia biasanya berkembang biak di musim dingin bagian selatan dari bulan Juni hingga September, meskipun hal ini sering kali diperpanjang tergantung pada kondisi cuaca selama satu bulan atau lebih. Baik chowchilla maupun Anis kuku-lurus Papua hanya bertelur satu, sedangkan anis-kuku lurus Australia biasanya bertelur dua meskipun ada beberapa laporan yang menyebutkan satu atau bahkan tiga telur. [7] Telurnya berbentuk tabung yang sangat tidak biasa, dan berwarna putih bersih, sedangkan masa inkubasinya termasuk yang terlama bagi burung berkicau mana pun. Burung muda umumnya menjadi mandiri dari betina dalam dua hingga dua setengah minggu, yang merupakan waktu yang sangat singkat bagi burung altricial Australia pemakan serangga, [8] di mana ketergantungan orang tua biasanya terjadi selama empat puluh hingga enam puluh hari setelah dewasa.[9] Ini mungkin sebabnya, tidak seperti burung di habitat yang lebih kering di Australia, perawatan alloparental tidak berguna untuk membesarkan anak dan justru dapat meningkatkan risiko pemangsaan. Sarangnya berbentuk kubah dan seluruhnya terbuat dari batang kayu, serta terletak di tanah di bawah pohon. Mereka memiliki penutup khusus untuk mencegah hujan lebat yang biasa terjadi di pantai timur Australia agar tidak merusak telur-telurnya.

Pejantan digambarkan sedang melakukan tarian seperti yang dilakukan burung kecapi . [1]

Masa hidup[sunting | sunting sumber]

Sesuai dengan habitat hutan hujannya yang hangat dan non-musiman, anis kuku-lurus bisa berumur sangat panjang. Chowchilla, mempunyai umur rata-rata sekitar lima tahun dan diketahui hidup selama tujuh belas tahun.[10]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Newton 1911.
  2. ^ Higgins, P.J. and J.M. Peter; Handbook of Australian, New Zealand and Antarctic Birds, vol.
  3. ^ Higgins, P.J. and J.M. Peter; Handbook of Australian, New Zealand and Antarctic Birds, vol.
  4. ^ Frith, C.B., Frith, D.W. & Jansen, A. 1997.
  5. ^ Gardner, J. L., Magrath, R. & Kokko, H.; "Stepping stones of life: natal dispersal in the group-living but noncooperative speckled warbler"; Animal Behaviour, 66, 521–530.
  6. ^ Komdeur, Jan and Ekman, Jan; "Adaptations and constraints in the evolution of delayed dispersal: implications for cooperation"
  7. ^ Higgins, P.J. and J.M. Peter; Handbook of Australian, New Zealand and Antarctic Birds, vol.
  8. ^ Frith, C.B., Frith, D.W. & Jansen, A. 1997.
  9. ^ Russell, Eleanor M.; "Avian Life Histories: Is Extended Parental Care the Southern Secret?" in Emu 100, 377-399.
  10. ^ Australian Bird and Bat Banding Scheme; Chowchilla