Angsur (rekayasa audio)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pengangsur penggubah audio di sebuah pub London.

Dalam teknik audio, angsur adalah peningkatan atau penurunan level sinyal audio secara bertahap. [1] Istilah ini juga dapat digunakan untuk sinematografi film atau pencahayaan teater dengan cara yang hampir sama angsur pada pencahayaan dan angsur pada perfilman

Dalam perekaman dan reproduksi suara, sebuah lagu mungkin secara bertahap direduksi menjadi hening di bagian akhir ( angsur senyap ), atau mungkin secara bertahap diperbesar dari hening di awal ( angsur jelas ). Angsur senyap dapat berfungsi sebagai solusi perekaman untuk musik yang tidak memiliki akhir yang jelas. Angsur senyap dan angsur jelas cepat juga dapat digunakan untuk mengubah karakteristik suara, seperti memperhalus serangan pada suara letup vokal dan perkusi.

Turntablist dan DJ profesional dalam musik hip hop menggunakan fader pada mixer DJ, terutama pengangsur silang horizontal, dengan cepat sekaligus memanipulasi dua atau lebih pemutar rekaman (atau sumber suara lainnya) untuk menciptakan "suara goresan" dan mengembangkan ketukan. Club DJ di house music dan techno menggunakan DJ mixer, dua atau lebih sumber suara (dua pemutar rekaman, dua iPod, dll.) bersama dengan keterampilan yang disebut pemadanan ketukan (menyelaraskan ketukan dan tempo dari dua rekaman) untuk membuat campuran tarian yang mulus bagi penari di rave, klub malam, dan pesta dansa.

Angsur silang[sunting | sunting sumber]

DJ Qbert di Rainbow Warehouse di Birmingham (Video dengan fotografi close-up di DJ mixer, meski tanpa suara). Mulai 1:36, penggunaan peranti angsur silang secara besar-besaran dapat terlihat.

Peranti angsur silang pada DJ mixer pada dasarnya berfungsi seperti dua peranti angsur yang dihubungkan berdampingan, tetapi berlawanan arah. Peranti angsur silang biasanya dipasang secara horizontal, sehingga DJ dapat menggeser peranti angsur dari paling kiri (ini menyediakan 100% sumber suara A) ke paling kanan (ini menyediakan 100% sumber suara B), memindahkan fader ke tengah (ini adalah campuran 50/50 dari sumber A dan B), atau sesuaikan fader ke titik mana pun di antaranya. Hal ini memungkinkan seorang DJ untuk mengangsur satu sumber sambil mengangsur sumber lain pada saat yang bersamaan. [2] Hal ini sangat berguna ketika mencocokkan dua sumber audio (atau lebih, di mana saluran dapat dipetakan ke salah satu dari dua sisi peranti angsur silang satu per satu) seperti piringan hitam, cakram padat, atau sumber digital. Teknik angsur silang juga digunakan dalam teknik audio sebagai teknik penggubahan, khususnya dengan solo instrumental. Seorang perekayasa gubahan sering kali merekam dua atau lebih pengambilan bagian vokal atau instrumental dan membuat versi final yang merupakan gabungan dari bagian-bagian terbaik dari pengambilan tersebut dengan melakukan angsur silang di antara setiap lagu. Dalam kasus yang sempurna, angsur silang akan menjaga tingkat keluaran yang konstan, kualitas yang penting bagi DJ klub yang menciptakan campuran lagu dansa yang mulus untuk penari atau DJ radio yang ingin menghindari "udara mati" (keheningan) di antara lagu, dan kesalahan yang dapat menyebabkan pendengar mengganti saluran. Namun, tidak ada standar mengenai bagaimana hal ini harus dicapai. [2]

Peranti angsur[sunting | sunting sumber]

3 peranti angsur digunakan sebagai penyamarata grafis pada pemutar kaset pribadi

Peranti angsur adalah perangkat apa pun yang digunakan untuk mengangsur terutama jika itu adalah kenop atau tombol yang dapat digeser di sepanjang trek atau slot. Ini pada dasarnya adalah resistansi variabel atau potensiometer yang juga disebut 'pot'. [3] Sebuah kontak dapat berpindah dari satu ujung ke ujung lainnya. Ketika gerakan ini terjadi, resistansi rangkaian dapat meningkat atau menurun. [3] Pada salah satu ujung skala resistansinya adalah 0 dan pada sisi yang lain resistansinya tidak terhingga. [3] A. Nisbett menjelaskan hukum fader sebagai berikut dalam bukunya yang berjudul The Sound studio: "'Hukum' peranti angsur mendekati logaritmik pada sebagian besar jangkauannya, yang berarti bahwa skala desibel dapat dibuat linier (atau mendekati itu) pada rentang kerja mungkin 60 dB. Jika resistensi meningkat sesuai dengan hukum yang sama, maka akan memakan waktu dua kali lebih lama sebelum mencapai titik di mana sinyal dapat diabaikan. Namun kisarannya di bawah -50 dB tidak banyak digunakan secara praktis, jadi di sini laju pemudaran meningkat dengan cepat hingga batas akhir".

Simak pra-angsur (PFL), simak pasca-angsur (AFL)[sunting | sunting sumber]

Fungsi-fungsi ini akan ditemukan pada fungsi monitor utama. [4] Simak pra-angsur ini sangat berharga karena memungkinkan seseorang mendengarkan melalui perangkat jemala untuk mendengar seperti apa suara bagian pra-angsur, sementara studio pembahana suara digunakan untuk memantau sisa program. [5]

Simak pra-angsur juga dapat digunakan untuk talkback serta mendengarkan saluran sebelum saluran tersebut diangsur. [6] Simak pasca-angsur hanya mendapatkan informasinya nanti. [6] Pilihan mendengarkan atau level akan bergantung pada minat pengguna: baik dengan kualitas dan/atau konten sinyal atau dengan level sinyal. PFL terjadi tepat sebelum peranti angsur dan memiliki saluran gabungan dan fungsi pemantauan. [7] PFL mengirimkan jalur sinyal saluran ke bus pra-angsur. [7] Bus diambil di modul monitor dan dapat diakses sebagai sinyal pengganti yang dikirim ke keluaran penggubah. [7] PFL otomatis telah tersedia, hampir secara universal, dan tidak perlu lagi dipilih terlebih dahulu. [7]

Simak pra-angsur juga dapat dimasukkan ke dalam stasiun radio dan berfungsi sebagai alat penting. Fungsi ini memungkinkan penyampai radio untuk mendengarkan sumbernya sebelum disiarkan secara samar-samar; memungkinkan penyampai untuk memeriksa level sumber yang masuk dan memastikannya akurat. [8] Ini juga berharga karena siaran radio langsung dapat berantakan tanpanya karena mereka tidak dapat memantau suaranya. Simak pasca-angsur tidak begitu berguna dalam program langsung. [8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nisbett, Alec (1966). The Technique of the sound studio. Focal Press. 
  2. ^ a b Jeffs, Rick (1999). "Evolution of the DJ crossfader". RaneNote 146. Rane Corp. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 November 2010. Diakses tanggal 6 July 2013. 
  3. ^ a b c Nisbett, A. 1962. The Technique of the Sound Studio. London & New York: Focal Press.
  4. ^ Talbot-Smith, M. 1994. Audio Engineer’s Reference Book. Oxford: Reed Educational and Professional Publishing Ltd, 1999.
  5. ^ Nisbett, A. 1962. The Technique of the Sound Studio. London & New York: Focal Press.
  6. ^ a b Nisbett, A. 1962. The Technique of the Sound Studio. London & New York: Focal Press.
  7. ^ a b c d Talbot-Smith, M. 1994. Audio Engineer’s Reference Book. Oxford: Reed Educational and Professional Publishing Ltd, 1999.
  8. ^ a b Talbot-Smith, M. 1994. Audio Engineer’s Reference Book. Oxford: Reed Educational and Professional Publishing Ltd, 1999.