Angin (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Angin (film pendek))

Angin atau dalam judul versi bahasa Inggris berjudul An Essence of Wind merupakan film pendek produksi tahun 2010 yang digarap oleh Winaldo Artaraya Swastia sebagai sutradara, Ritvima Defynta Arliccan sebagai produser, Akbar Maraputra sebagai penulis skenario, dan Rendy Rachmat Sanjaya sebagai penata suara.

Film ini diperankan oleh Aditya Jaya, Ine Febriyanti, Pepeng, Ozzy, Ayas, dan Kanatski. film ini berdurasi 24 menit 45 detik. Film ini pernah masuk ke dalam Nominasi Film Pendek Terbaik Festival Film Indonesia (FFI) tahun 2010 dan diputar pada Festival Film Buddhis 2012 bertemakan Thus Have I Seen (THIS) yang diadakan di Singapura pada bulan September 2012.[1]

Sebesar 70% lokasi pengambilan gambar film bergenre drama fiksi tersebut dilakukan di Vihara Saung Paramita, Ciapus, Bogor, Jawa Barat, dan di sebuah rumah tepat di depan vihara yang hendak dijadikan puskesmas oleh vihara. Selain itu pengambilan gambar juga dilakukan di sebuah perumahan di Ciomas, masih di sekitar Bogor, Jawa Barat.

Alur[sunting | sunting sumber]

Film tersebut mengisahkan tentang seorang bhikkhu bernama Dhammariya yang tinggal dan mengabdikan dirinya di sebuah vihara yang jauh dari kota. Suatu hari, ia menemukan sebuah telepon seluler (ponsel) milik seorang umat yang tertinggal di kamar tamu vihara saat tamu tersebut berlatih meditasi. Dhammariya menjadi tergoda dan menggunakannya untuk menelepon keluarganya yang seharusnya telah ia tinggalkan sebagai konsekuensi sebagai seorang bhikkhu. Hal ini membuatnya rindu terhadap keluarganya dan menjadi tidak tenang dalam meditasi karena ia menjadi melekat dengan ponsel tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Lima Nominasi Film Dokumenter FFI 2010". Tempo dot co. 28 November 2010. Diakses tanggal 29 Juni 2020.