André de Soveral

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Infobox orangAndré de Soveral

Biografi
Kelahiran1572 (Kalender Masehi Gregorius)
Seridó
Kematian16 Juli 1645 (72/73 tahun)
Cunha
Data pribadi
AgamaGereja Katolik Roma
Kegiatan
PekerjaanLatin Catholic priest
Ordo keagamaanSerikat Yesus
Exaltation
Tanggal perayaan3 Oktober

André de Soveral atau Andreas de Soveral adalah seorang imam dan martir Katolik Portugis-Brasil yang menjadi salah satu dari 30 Martir Brasil. Ia lahir di São Vicente, São Paulo, Brasil pada tahun 1572. Pada tahun 1593, ia masuk biara Serikat Yesus dan menjalani masa novisiat di Bahia, sebelah Timur Laut Brazil. André diketahui mahir dalam bahasa Latin dan berbakat dalam bidang teologi. Ia lalu dikirim untuk melanjutkan studinya di Semainari Tinggi di Olinda.

Setelah ditahbiskan menjadi imam, tugas pertamanya adalah menjadi misionaris di Natal, Rio Grande do Norte. Sejak tahun 1614 pater Andre diangkat menjadi pastor paroki di Cunhaú.

Pada tahun 1630, Rio Grande do Norte dikuasai oleh bangsa Belanda. Pemerintah Kolonial Belanda menjalankan kebijakan anti Gereja Katolik dan kaum Calvinis secara sistematis menganiaya umat Katholik.

Pada pagi hari Minggu 16 Juli 1645, Pater Andre de Soveral bersama 69 umat Katolik hendak merayakan misa kudus di Kapela Santa Maria. Sebelum misa mulai, sekelompok tentara Belanda membantai umat Katolik di Kapela tersebut. Puluhan orang tewas dalam peristiwa pembantaian tersebut, termasuk Andre de Soveral.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Santo André de Soveral, SJ". Info Katolik.