Andan-andan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cangkir di lemari dapur.

Andan-andan[1] atau lemari dapur (Inggris: cupboard) adalah perabot untuk melampirkan peralatan makan atau barang belanjaan yang disimpan di rumah. Istilah ini berangsur-angsur berkembang dari arti aslinya: meja samping dengan rak terbuka untuk memajang peralatan makan, lebih khusus lagi piring, cangkir, dan lapik.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Andan-andan adalah perabot untuk melampirkan peralatan makan atau barang belanjaan yang disimpan di rumah. Istilah ini berangsur-angsur berkembang dari arti aslinya: meja samping dengan rak terbuka untuk memajang peralatan makan, lebih khusus lagi piring, cangkir, dan lepek. Andan-andan terbuka ini biasanya memiliki antara satu dan tiga tingkat tampilan, dan pada saat itu, sebuah laci atau beberapa laci dipasang padanya. [2] [3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ senaraiistilahjawa.kemdikbud.go.id. "Kata andhan-andhan". Senarai Istilah Jawa (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-03-07. 
  2. ^ "Cupboard". The Free Dictionary By Farlex. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 June 2022. Diakses tanggal 19 May 2012. 
  3. ^ Andrews, John (2006) British Antique Furniture. Antique Collectors' Club ISBN 1-85149-444-8; p. 226