And Still I Rise

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
And Still I Rise (poem)
And Still I Rise.jpg
PengarangMaya Angelou
NegaraUnited States
BahasaEnglish
GenrePoetry
PenerbitRandom House
Tanggal rilis1978
Jenis mediaPrint (Hardback & Paperback)
ISBN978-0394502526
DidahuluiOh Pray My Wings Are Gonna Fit Me Well
DiikutiShaker, Why Don't You Sing?

And Still I Rise adalah kumpulan puisi ketiga karya Maya Angelou yang diterbitkan oleh Random House pada tahun1978, selama periode produktif dalam karier kepenulisan Angelou. Dia telah menuliskan tiga buku autobiografi dan menerbitkan dua kumpulan puisi lainnya. Angelou menganggap dirinya sebagai seorang penyair dan dramawan tetapi lebih dikenal melalui karya-karyanya berupa buku autobiografi, terutama karya pertamanya, I Know Why the Caged Bird Sings, meskipun puisi-puisinya juga menuai kesuksesan. Dia mengawali karier menulisnya, sebagai alternatif penulisan autobiografi dan satu buku puisi. Meskipun buku kumpulan puisinya menjadi buku terlaris, namun tidak menuai ulasan dan perhatian serius dari para kritikus.

And Still I Rise terdiri dari 32 puisi pendek, terbagi menjadi tiga bagian. Tema puis berfokus pada sebuah pengharapan penentuan kebangkitan atas segala kesulitan dan kehilangan semangat, dan banyak topik sama seperti dalam autobiografi, termasuk buku puisi sebelumnya. Dua puisi yang paling dikenal yaitu Phenomenal Woman dan Still I Rise, terdapat dalam buku ini. Dia bertutur tentang persaingan dan jender dalam beberapa puisinya, menekankan kekuatan dan kegembiraannya dalam komunitas. Seperti buku puisi sebelumnya, ulasan atas And Still I Rise sangat beragam.

Puisi-puisi[sunting | sunting sumber]

And Still I Rise berisi 32 puisi, terbagi dalam tiga bagian. Bagian pertama, "Touch Me, Life, Not Softly," disebut "joyful" dan menegaskan kekuatan puisi seorang perempuan dan pecinta. Bagian kedua, "Traveling," berfokus kepada kesulitan, seperti ketergantungan obat-obatan, kekerasan terhadap anak, dan kondisi di Old South. Bagian ketiga "And Still I Rise," yang menggunakan judul dari buku, menegaskan tema dalam bagian pertama serta bagaimana kekuatan dia menemukan dirinya dalam komunitas.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Rujukan karya:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]