American Bible Society

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
American Bible Society
SingkatanABS
Tanggal pembentukan1816
Jenisorganisasi non-pemerintah internasional
TujuanDistribusi Alkitab
Kantor pusatPhiladelphia, Pennsylvania
Wilayah layanan
Internasional
President
Roy L. Peterson
Anggaran
$83,000,000[1]
Situs webamericanbible.org

American Bible Society (ABS) adalah lembaga Alkitab nondenominasional berbasis di Amerika Serikat yang menerbitkan, mendistribusikan dan menerjemahkan Alkitab dan menyediakan alat bantu belajar dan alat-alat lain untuk membantu orang-orang terlibat dengan Alkitab. Didirikan pada tanggal 11 Mei 1816, di New York City, organisasi ini dikenal karena Terjemahan Kabar (Good News Translation) dari Alkitab, dengan kontemporer vernakular. Mereka juga mempublikasikan Contemporary English Version. American Bible Society juga merupakan anggota dari Forum of Bible Agencies International (Forum Lembaga Alkitab Internasional). Kantor pusat ABS dipindahkan dari Kota New York ke Philadelphia pada bulan Agustus 2015.[1]

Organisasi[sunting | sunting sumber]

Pemerintahan lembagai ini dipercayakan kepada dewan manajer (board of managers), sepempatnya pensiun dari jabatan itu setiap tahunnya, tetapi memenuhi syarat untuk pemilihan kembali. Jumlah pengawas (trustee) ditentukan dari waktu ke waktu oleh resolusi dewan, tetapi tidak boleh kurang dari 18 orang dan tidak lebih dari 24, termasuk presiden. Saat ini ada 20 anggota dewan pembina (board of trustees). Orang awam yang ditetapkan sebagai direksi seumur hidup sebelum tanggal 1 Juni 1877, dan pendeta yang merupakan anggota seumur hidup berwenang untuk menghadiri rapat dewan, dengan kuasa untuk berbicara dan memberikan suara.[2]

Kantor pusat lama di New York City, dirobohkan pada tahun 2016

Program[sunting | sunting sumber]

Israel MK Effie Eitam mengamati sebuah Alkitab Ibrani dari abad ke-16 di Perpustakaan Alkitab American Bible Society dengan Dr. Lupas

Sebuah perpustakaan bertempat dalam kantor pusat ABS yang menyimpan koleksi Alkitab terbesar di Belahan Barat (Western Hemisphere) serta sejumlah edisi menarik dan berharga dari Alkitab-Alkitab kuno dan bersejarah bertarikh sejauh edisi Gutenberg, yang beberapa halamannya dilindungi oleh ABS.

Status keuangan[sunting | sunting sumber]

Pada laporan pajak tahun 2010, American Bible Society mendaftarkan total pendapatan sebesar $67 juta (tahun 2009: $42 juta), aktiva bersih $436 juta (tahun 2009: $384 juta).

Pada tahun 2014, sebelum penjualan kantor pusat di New York seharga US$300 juta, lembaga ini memiliki total aset US$528 juta, total pendapatan sebesar $51 juta dan biaya operasional $83 juta.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Hrywna, Mark - (February 3, 2015). "American Bible Society Moving With $300 Million In The Bank". The NonProfit Times. Diakses tanggal 28 February 2015. 
  2. ^ Wikisource-logo.svg One or more of the preceding sentences incorporates text from a publication now in the public domainRines, George Edwin, ed. (1920). "American Bible Society, The". Encyclopedia Americana. 

Pustaka tambahan[sunting | sunting sumber]

  • John Fea, The Bible Cause: A History of the American Bible Society. New York: Oxford University Press, 2016.
  • Peter Wosh, Spreading the Word: The Bible Business in Nineteenth-Century America. Ithaca, NY: Cornell University Press, 1994.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]