Amanitenmemide

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Relief dari kapel di Berlin
Piramida Amanitenmemide
(di sebelah kanan)

Amanitenmemide merupakan seorang raja Nubia, nama takhtanya adalah Nebmaatre. Namanya tertulis di dalam aksara Meroitik, sedangkan nama takhtanya ditulis dalam hieroglif Mesir klasik. Ia sejauh ini hanya dikenal dari piramidanya di Meroë (Beg N17). Piramida menempati area seluas 8,6 X 8,6 m dan oleh karena itu, salah satu piramida kerajaan yang lebih kecil di Meroë. Di depan piramida terdapat sebuah kapel yang dihiasi. Dekorasi disalin oleh ekspedisi Lepsius. Salah satu dinding dibawa ke Berlin, yang dipamerkan di Museum Neues. Lainnya, sekarang hanya diawetkan di enam blok, ada di British Museum di London.[1]

Tiga kerangka ditemukan di ruang pemakaman piramida - dua di antaranya milik wanita, yang ketiga dari seorang pria berusia sekitar 30 tahun, yang mungkin adalah sisa-sisa sang raja sendiri.

Ada sedikit bukti untuk mengetahui tanggal raja. Ukuran piramida kecil menunjukkan tanggal setelah Natakamani, yang pada dasarnya piramida pada umumnya menjadi lebih kecil. Telah disarankan bahwa Amanitenmemide termasuk abad pertama Masehi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Firaun noirs, sur la Piste des Quarante Jours, Mariemont 2007, p. 164-65 (Nr. 81)

Literatur[sunting | sunting sumber]

  • Inge Hofmann, Beiträge zur meroitischen Chronologie, St. Augustin bei Bonn tahun 1978, p. 139, ISBN 3-921389-80-1
  • Laszlo Török, di: Fontes Historiae Nubiorum, Vol. III, Bergen 1998, p. 914-916, ISBN 82-91626-07-3

Pranala luar[sunting | sunting sumber]