Lompat ke isi

Alma Adams

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Alma Adams (Lahir 27 Mei 1946 di High Point, Carolina Utara ) merupakan Dewan Perwakilan Rakyat AS sejak tahun 2014-Sekarang. Ia memiliki latar belakang pendidikan di North Carolina Agricultural and Technical State University dengan menerima gelar B.S. (Bachelor Degree) pada tahun 1968 dan gelar M.S. (Master Degree) pada tahun 1972, dan keduanya dalam pendidikan seni. Ia menerima gelar Ph.D. (Doctor of Philosophy) dalam pendidikan seni/pendidikan multikultural dari Ohio State University pada tahun 1981.[1]

Karier[sunting | sunting sumber]

Adams adalah anggota wanita Afrika-Amerika pertama yang menjabat menjadi Dewan Sekolah Kota Greensboro dari tahun 1984-1986. Ia juga diangkat ke kursi North Carolina House District 26 sebagai anggota Dewan Kota Greensboro dari tahun 1987-1994 untuk menggantikan seorang anggota dewan yang meninggal saat menjabat. Namun, pada tahun 2002 terjadi pemekaran, sehingga kursi Adams diubah dari distrik ke-26 menjadi distrik ke-58.

Pada tahun 1972-2012 Adams menjadi profesor seni di Bennett College (Greensboro, North Carolina) dan direktur Galeri Seni Steel Hall. Ia juga ikut mendirikan African American Atelier, sebuah organisasi yang didirikan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap seni visual dan budaya orang Afrika-Amerika pada tahun 1990.

Adams memenangkan pemilihan khusus pada November 2014 dan ia dilantik sebagai wanita ke-100 yang terpilih menjadi anggota Kongres ke-113 untuk masa jabatan penuh kelimanya mewakili Distrik Kongres ke-12 Carolina Utara pada 8 November 2022 dan bertugas di Komite Pendidikan & Tenaga Kerja dan Komite Pertanian. Ia menjadi pemimpin dibeberapa peran, seperti Asisten Whip untuk Kaukus Demokrat, Anggota Pangkat dari Komite Pendidikan & Subkomite Perburuhan untuk Perlindungan Tenaga Kerja, dan salah satu ketua Kaukus HBCU Bipartisan Kongres, Kaukus Kesehatan Ibu Kulit Hitam, dan Kaukus e-Learning. Namun, sebelumnya Adams sudah bertugas di komite lain, yaitu Komite Jasa Keuangan DPR dan Komite Usaha Kecil DPR.[2]

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Alma Adams memiliki pencapaian legislatif Pemberlakuan H.R. 5363, Undang-Undang Pembinaan Bakat Sarjana dengan Membuka Sumber Daya untuk Pendidikan (FUTURE) yang secara permanen menyediakan dana sebesar $255 juta per tahun untuk semua Lembaga Pelayanan Minoritas, termasuk $85 juta untuk HBCU. Ini menjadi pencapaian khasnya di Kongres.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Alma Adams -". Archives of Women's Political Communication (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-06-06. 
  2. ^ "Hon. Alma Adams | National Association of Counties". www.naco.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-06-06.