Allgemeine Encyclopädie der Wissenschaften und Künste

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Allgemeine Encyclopädie der Wissenschaften und Künste (Ensiklopedia Umum Ilmu Pengetahuan dan Seni) adalah ensiklopedia Jerman abad ke-19 yang diterbitkan oleh Johann Samuel dan Johann Gottfried Ersch Gruber, karena itu juga dikenal sebagai "Ersch-Gruber." Salah satu proyek ensiklopedia paling ambisius yang pernah ada, tetapi itu tetap belum selesai.

Halaman depan dari Volume 1

Ensiklopedia ini dirancang dan dimulai pada 1813 oleh Profesor Ersch untuk memenuhi keinginan Jerman, hanya sebagian disuplai oleh pekerja asing.. Ensiklopedia ini dihentikan karena perang sampai 1816, ketika Profesor Gottlieb Hufeland bergabung, namun ia meninggal pada tanggal 25 November 1817, sementara bagian spesimen berada di tekan. Volume pertama kali muncul di Leipzig pada tahun 1818. Para editor dari bagian yang berbeda di berbagai kali adalah beberapa yang paling dikenal orang-orang yang belajar di Jerman, termasuk Gruber, MHE Meier, Hermann Brockhaus, W. Müller dan AG Hoffmann dari Jena. Naturalis Eduard Poeppig menulis sebagian besar artikel di Amerika. [1]

Karya ini dibagi menjadi tiga bagian:

  1. AG (99 jilid.)
  2. HN (43 jilid.)
  3. OZ (25 jilid.)

Semua artikel ditanggung oleh penulis , dan mereka tidak siap dalam waktu ditempatkan di akhir surat mereka. Pada tahun 1889 Ensiklpedia ini sudah mencapai 167 volume saat diabaikan. Artikel tentang Yunani saja ditutupi 3.668 halaman, yang mencakup delapan volume. Bagian 1 selesai, tetapi bagian 2 hanya sampai ke entri Ligatur, dan bagian 3 sampai dengan Phyxios.

Refrensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]