Allal al-Fassi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Allal al-Fassi
Allal El Fassi 1956.png
Allal al-Fassi tahun 1956
Lahir 10 Januari 1910
Fez, Moroko
Meninggal 19 Mei 1974(1974-05-19) (umur 64)
Bukares, Romania
Partai politik Istiqlal

Allal bin Abdul Wahid bin Abdus Salam bin Allal al-Fassi al-Fahri (Arab: علال بن عبد الواحد بن عبد السلام بن علال الفاسي الفهري‎, lahir di Fez, Maroko, 10 Januari 1910 – meninggal di Bukares, Romania, 19 Mei 1974 pada umur 64 tahun) adalah seorang politisi, pengarang, penulis puisi, dan ilmuwan Islam dari Maroko.[1]

Politik[sunting | sunting sumber]

Allal al-Fassi dilahirkan di Fez, Maroko, dan menempuh pendidikan sarjananya di Universitas Al-Qarawiyyin. Selama beberapa tahun, ia mendapat bimbingan dari profesor Abdeslam Serghini. Ia kemudian mendirikan partai Istiqlal yang nasionalis, yang kemudian bersama masyarakan Berber lainnya menjadi tenaga pendorong yang mendukung tentara pembebasan (Eljaish Tahreer) dalam perjuangan kemerdekaan Maroko dari pemerintahan kolonial Perancis. Pada pertengahan tahun 1950-an, ia memisahkan diri dengan partai tersebut untuk bergabung bersama tentara revolusioner dan gerilya perkotaan untuk melakukan perlawanan bersenjata terhadap kekuasaan Perancis, sedangkan sebagian besar gerakan nasionalis ketika itu menghendaki pendekatan yang diplomatis.

Di saat Maroko mencapai kemerdekaannya pada tahun 1956, Al-Fassi kembali bergabung dengan artai tersebut, dan ia terkenal karena menyampaikan pendapatnya tentang klaim atas wilayah-wilayah yang pernah berada di bawah kekuasaan Maroko dalam suratkabar Al-Alam. Pada tahun 1956, setelah faksi sayap kiri UNFP memisahkan diri dari Istiqlal, Al-Fassi pun menjadi ketua partai tersebut.

Pada tahun 1962, ia menjabat sebentar saja sebagai Menteri Urusan Agama Maroko. Ia terpilih menjadi anggota Parlemen Maroko pada tahun 1963, dan memimpin faksi Istiqlal di sana. Ia selanjutnya menjadi pemimpin koalisi oposisi di parlemen selama 1960-an hingga awal 1970-an.

Allal al-Fassi meninggal dunia pada tahun 1974 ketika sedang melawat ke Romania, di mana ia telah dijadwalkan untuk bertemu dengan Nicolae Ceausescu.

Karya[sunting | sunting sumber]

  • Pada tahun 1925, Al-Fassi pertama kali menerbitkan buku kumpulan puisinya.
  • Pada tahun 1954, ia menerbitkan buku The Independence Movements in Arab North Africa, yang merupakan terjemahan dari karyanya sendiri dalam bahasa Arab yang sebelumnya diterbitkannya pada tahun 1948.

Beberapa karyanya dalam bahasa Arab:

  • Minhaj al-Istiqlaliyyah (Arab: منهج الاستقلالية)
  • al-Harakat al-Istiqlaliyyah fi al-Maghrib al-'Arabi (Arab: الحركات الاستقلالية في المغرب العربي)
  • al-Madkhal li 'Ulum al-Qur'an wa at-Tafsir (Arab: المدخل لعلوم القرآن والتفسير)

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Encyclopedia of World Biography, Gale Research Inc., Edition: 2, Published by Gale Research, 1998, ISBN 978-0-7876-2541-2, hlm. 167