Aligot

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Aligot

Aligot adalah hidangan tradisional yang berasal dari Aubrac (Aveyron, Cantal, Lozère, Midi Pyrenees) sebuah daerah di bagian selatan Massif Central dari Prancis. Hidangan ini dibuat dari keju yang dilelehkan dan dicampur dengan kentang yang dihancurkan atau mashed potatoes, sering kali juga dicampur dengan bawang putih.[1] Hidangan yang mirip fondue ini acapkali ditemui pada rumah makan di daerah Auvergne.

Secara tradisional Aligot dibuat dengan campuran Tomme de Laguiole atau keju Tomme d'Auvergne, aligot sendiri merupakan hidangan khas negara Prancis. Keju lain yang digunakan selain Tomme diantaranya, mozzarella dan keju cantal.[2] Penggunaan keju Laguiole memiliki peran dalam menyumbang rasanya yang seperti kacang.

Aligot dibuat dari adonan kentang yang dihancurkan dan dicampur dengan mentega, krim, bawang putih, dan keju yang dilelehkan. Hidangan ini siap apabila telah menunjukkan tekstur yang halus dan elastik. Walaupun banyak resep satu dan lainnya berbeda-beda namun resep dari Larousse Gastronomique[1] menunjukkan bahwa dibutuhkan 1 kg[3] kentang, 500 g keju tomme fraîche, Laguiole, atau Cantal cheese, 2 siung bawang putih, 30 g mentega, garam, lada.

Hidangan ini pada awalnya dibuat menggunakan bahan dasar roti oleh para pendeta, yang menyiapkan perbekalan sebelum melakukan perjalanan keagamaan ke Santiago de Compostela dan berhenti untuk beristirahat di Aveyron[4] Kentang kemudian dijadikan pengganti roti setelah hidangan ini masuk ke Prancis. Kini hidangan ini sering kali dinikmati pada pertemuan-pertemuan yang diadakan di desa-desa dan perayaan-perayaan sebagai hidangan utama. Aligot masih dimasak menggunakan tangan di Aveyron, dirumah-rumah maupun pasar-pasar di jalan.[4]

Pasangan[sunting | sunting sumber]

Aligot sering kali dihidangkan berpasangan dengan sosis Toulouse atau babi panggang.[4] Pada umumnya Aligot dipasangkan dengan minuman anggur merah Auvergne.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Larousse Gastronomique". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-04. Diakses tanggal 2011-04-24. 
  2. ^ "Too Many Chefs". Diakses tanggal 2011-04-24. 
  3. ^ "French Wikipedia Bintje". Diakses tanggal 2011-04-24. 
  4. ^ a b c "French Cusine". Diakses tanggal 2011-04-24.