Alexei Sklyarenko

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Alexei Pavlovich Skliarenko (1870 – Juli 1916) adalah seorang partisipan dalam gerakan revolusioner Rusia.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Lahir pada 1870, di Verniy yang menjadi Alma-Ata, Alexei P. Skliarenko adalah putra dari seorang dokter.

Pada waktu ia berusia sekitar 18 tahun, hidupnya dicurahkan untuk revolusioner. Pada 1886, Skliarenko bergabung dengan gerakan Narodnik. Pada 1887, ia ditangkap dan ditahan di Kresty, sebuah penjara di St. Petersburg. Pada September 1889, Skliarenko bertemu Vladimir I. Lenin dan kemudian Vladimir I Ulyanov bergabung dengan kelompok diskusi Skliarenko. Secara bersamaan, pemikiran dua orang tersebut berkembang ke validitas Marxisme. Pada 1893, Skliarenko bergabung dengan kelompok Marxis. Pada 1894, ia ditangkap lagi dan kali ini ia diasingkan ke provinsi Arkhangelsk.

Pada 1898, Alexei P. Skliarenko bergabung dengan Partai Buruh Sosial Demokrat Rusia atau PBSDR. Pada 1898-1903, ia bekerja untuk partai tersebut mula-mula di Tula dan kemudian di Harbin. Pada 1903, kerjanya untuk partai tersebut menempatkannya ke St. Petersburg. Dari 1905 sampai 1907, Skliarenko bertugas pada Biro PBSDR di mana ia mewakili Kawasan Pusat Saratov dan di mana ia bekerja di komite PBSDR Samara. Pada 1907, Skliarenko menjadi salah satu dari 338 delegasi untuk Kongres Partai Buruh Sosial Demokrat Rusia ke-5 dan juga sempat kembali ditangkap dan pada kesempatan ini ia diasingkan ke Syktyvkar. Pada 1911, Skliarenko kembali ke St. Petersburg di mana ia mengadopsi nama pena Bosoi dan di mana ia menulis bahan-bahan untuk surat kabar Bolshevik Zvezka dan Pravda serta jurnal Prosveshchenie (Pencerahan).

Pada Juli 1916, Alexei P. Skliarenko meninggal di St. Petersburg dan ia tidak pernah menyaksikan Revolusi Oktober Rusia.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Penjelasan diatas berdasarkan pada entri 'Alexei P. Skiarenko' di The Great Soviet Encyclopedia 1979.