Aleksandr Vladimirovich Rutskoy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Alexander Rutskoy
Александр Владимирович Руцкой
Evstafiev-alexander-rutskoy-w.jpg
Wakil Presiden Federasi Rusia
Masa jabatan
10 Juli 1991 – 4 Oktober 1993
PresidenBoris Yeltsin
PendahuluTidak ada
PenggantiJabatan ditiadakan
Informasi pribadi
Lahir16 September 1947
Proskurov, Uni Soviet
KebangsaanRusia

Aleksandr Vladimirovich Rutskoy (bahasa Rusia: Александр Владимирович Руцкой) (lahir 16 September 1947, Proskurov, Ukraina) adalah politikus Rusia. Selain sebagai mantan petugas militer Rusia, ia juga bekas petugas militer Soviet. Rutskoy menjabat Wakil Presiden Rusia (10 Juli 1991-21 September 1993) dan Gubernur Kursk Oblast (1996-2000).

Ada kemungkian dia masih keturunan Yahudi, sebab pada sebuah kunjungan di Israel, ia menyatakan ibunya adalah seorang Yahudi. Rutskoy adalah seorang kolonel angkatan udara Soviet pada masa invasi Soviet terhadap Afghanistan, di mana dia mendapatkan cedera. Sebagai seorang prajurit dan populis, dia dipilih oleh Boris Yeltsin untuk menjadi calon wakil presidennya di Pemilu Rusia 1991.

Dia dipecat Presiden Boris Yeltsin dengan tuduhan korupsi. Namun Rutskoy membela pihak parlemen saat terjadinya krisis konstitusional Rusia 1993, yang diakibatkan keinginan Yeltsin untuk membubarkan parlemen pada 21 September - ini direspon oleh parlemen dengan menyatakan bahwa kepresidenan Yeltsin tidak konstitusional dan melantik Rutskoy sebagai presiden.

Jabatan presiden sementara yang dipegang Rutskoy tidak pernah diakui di luar Rusia. Yeltsin menganggap pelantikannya sebagai suatu percobaan kudeta, dan setelah kerusuhan brutal pada 2-3 Oktober, pasukan Yeltsin menyerang parlemen dan menangkap Rutskoy dan para pemimpin parlemen pada 4 Oktober.

Beberapa bulan kemudian, pada 26 Februari 1994, semua pemimpin kampanye anti-Yeltsin menerima pengampunan dan dibebaskan dari penjara.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]