Aldosa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Aldosa adalah monosakarida (gula tunggal sederhana) dengan rantai tulang punggung karbon dengan gugus karbonil pada atom karbon paling ujung, menjadikannya aldehida, dan gugus hidroksil terhubung ke semua atom karbon lainnya. Aldosa dapat dibedakan dari ketosa, yang memiliki gugus karbonil jauh dari ujung molekul, dan karenanya merupakan keton[1].

Aldosa memiliki sifat yang serupa dengan alkanal atau aldehida alifatik sebab keduanya mempunyai radikal fungsi formil yang bebas[2]. Berbeda dengan ketosa, untuk menghidrolisis aldosa dibutuhkan asam pekat[3]

Golongan Aldosa[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan jumlah atom karbonnya, aldosa dapat dibedakan menjadi aldotriosa, aldotetrosa, aldopentosa, aldoheksosa dan seterusnya. Aldotriosa memiliki tiga atom karbon. Aldotetrosa adalah aldosa yang memiliki empat atom karbon. Aldopentosa memiliki lima atom karbon. Sementara, aldoheksosa memiliki enam atom karbon[2].

Ribosa adalah contoh golongan aldopentosa yang telah diketahui sifat-sifatnya. Adapun contoh golongan aldoheksosa adalah glukosa, galaktosa dan mannosa. Aldoheksosa dapat ditemukan pada tanaman, misalnya pada buah-buahan[2].

Daftar Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Aldose - an overview | ScienceDirect Topics". www.sciencedirect.com. Diakses tanggal 2023-12-03. 
  2. ^ a b c Pengantar Kimia Buku Panduan Kuliah Mahasiswa Kedokteran. EGC. ISBN 978-979-448-902-4. 
  3. ^ Yuliana, Dr Anna; Setyaningrum (2018-09-08). BUKU AJAR BIOKIMIA FARMASI. Jakad Media Publishing. ISBN 978-602-52213-8-5.