Al Lith

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Al Lits (Arab: الليث‎) adalah sebuah kota di wilayah Tihamah di pantai Laut Merah selatan ke barat dari kota suci Mekkah. Itu adalah kota terbesar kelima di penduduk di Provinsi Makkah, dan itu adalah salah satu besar pelabuhan laut Kerajaan Arab Saudi di Laut Merah, dan Miqat Yalamlam terletak di utara itu. Diperkirakan populasi Al Lith adalah lebih dari 72.000 orang.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Kota ini terletak 180 km sebelah selatan barat dari kota suci Mekkah, dan 190 km di selatan Jeddah. Utara desa hanya 90 km dari Mekkah. Kota ini meluas hingga ke pegunungan Hijaz, Adham dan kota Taif di sebelah timur dan membentang ke selatan sebagai Al Qunfudah kota. International coastal road Jeddah - Jizan lewat itu.

Sejarah dan profil[sunting | sunting sumber]

Al Lith mendapat namanya dari Lembah Leith, yang terletak di timur dekat Ghumayqah desa.[1] Al Lith saat ini adalah pelabuhan komersial yang menerima peziarah dan barang-barang dari seluruh penjuru dunia. Di masa lalu, itu digunakan untuk pelabuhan komersial yang menerima kapal-kapal dari Jizan, Yaman, dan pantai Afrika dan mengekspor barang-barang tersebut setelah itu ke Mekkah dan Jeddah.

Al Lith adalah salah satu underwater diving situs.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hassan Faqih, 1413
  2. ^ Eric Bjurstrom (May 1997). "Beneath the Waters of the Red Sea". The Middle East (267). Diakses tanggal 20 January 2014.