Lompat ke isi

Al-Mahdi Salah ad-Din

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Al-Mahdi Salah ad-Din (meninggal tahun 1445) adalah seorang penggugat negara Zaidiyah di Yaman, yang masa jabatan imamnya dihitung dari tahun 1436 hingga 1445.

Salah ad-Din bin Ali merupakan keturunan imam al-Mansur Yahya (w. 976) pada generasi ketiga belas.[1] Ayahnya adalah ulama Zaidi Ali bin Muhammad bin Abu'l-Qasim, yang meninggal pada tahun 1433.[2] Ketika imam tua al-Mansur Ali meninggal karena wabah pada tahun 1436, tiga Sayyid mengklaim imamah. Salah satunya adalah Salah ad-Din bin Ali yang mengambil nama kehormatan al-Mahdi Salah ad-Din. Saingannya adalah al-Mansur an-Nasir dan al-Mutawakkil al-Mutahhar yang berasal dari cabang Rasyidiyah lainnya. Al-Mansur an-Nasir, yang memiliki hubungan keluarga dengan almarhum imam, menjadi dominan di kalangan komunitas Zaidiyah di dataran tinggi Yaman. Dia akhirnya menangkap al-Mahdi Salah ad-Din, yang meninggal di penjara di Kawkaban pada tahun 1445.[3] Dia dimakamkan di Masjid Musa, salah satu masjid kecil di Sana'a.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Garis keturunannya adalah al-Mansur Yahya - Abdallah - Yahya - Ahmad - al-Husain - Ja'far -al-Husain - Muhammad - Ja'far - Muhammad - Abu'l-Qasim - Muhammad - Ali - al-Mahdi Salah ad-Din.
  2. ^ Imam Zaid bin Ali Cultural Foundation, http://www.izbacf.org/page_display.php?book_id=37&page_num=51 Diarsipkan 2011-07-26 di Wayback Machine. (dalam bahasa Arab).
  3. ^ Imam Zaid bin Ali Cultural Foundation, http://www.izbacf.org/page_display.php?book_id=37&page_num=51 Diarsipkan 2011-07-26 di Wayback Machine. (dalam bahasa Arab).
  4. ^ Cf. R.B. Serjeant & R. Lewcock, San'a'; An Arabian Islamic City. London 1983, p. 383.