Akroseimbang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Penari akro melakukan tumpu bahu rangga.
Tiga orang dan seorang pengamat melakukan paha piramida di atas takhta

Akroseimbang atau tambul seimbang (Inggris: acrobalance) adalah seni akrobatik berbasis lantai yang melibatkan keseimbangan, mengangkat dan menciptakan bentuk yang dilakukan secara berpasangan atau berkelompok.[1] Pelaku yang berada di darat yang melakukan pengangkatan dan penopang dalam formasi akroseimbang sering disebut tumpuan, sedangkan pemain yang diangkat atau dilempar dapat disebut sebagai penerbang (atau pesawat). Formatnya meliputi duo pria/wanita, trio, wanita/wanita, dan ragam lainnya.

Tindakan akroseimbang memerlukan kehati-hatian, koordinasi, kesadaran proprioseptif, dan rasa saling percaya yang tinggi dari pelakunya untuk menghindari cedera; mereka sering diiringi musik dan ditampilkan sebagai bagian dari sirkus. Pertunjukan akroseimbang kini juga dapat disaksikan di berbagai macam pertunjukan seperti pertunjukan jalanan, dimasukkan ke dalam teater anak-anak dan sebagai bagian dari pertunjukan tari modern.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Acrobalance 1 – National Centre for Circus Arts – Circus training in London" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-03-08.