Akar (akord)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Akar, berwarna merah, dari akord C mayor ( Play ). Akarnya berlipat ganda pada oktaf .
Nada dasar (biru) dan nada bas (merah, keduanya=ungu) dari Chorale Play

Dalam teori harmoni musik, akar nada adalah nada spesifik yang memberi nama dan melambangkan akord tertentu. Akord sering dibicarakan berdasarkan akarnya, kualitasnya, dan ekstensinya . Jika sebuah akord diberi nama tanpa mengacu pada kualitasnya, maka akor tersebut dianggap mayor — misalnya, "akor C" mengacu pada triad C mayor, yang berisi notasi C, E, dan G. Dalam konteks harmonik tertentu, nada dasar sebuah akord tidak harus berada pada posisi bass, karena akord dapat dibalik dengan tetap mempertahankan nama yang sama, dan oleh karena itu akarnya sama.

Dalam teori harmonik tertian, dimana akord dapat dianggap sebagai tumpukan interval ketiga (misalnya dalam praktik umum nada suara ), akar dari sebuah akord adalah not yang menjadi tumpukan sepertiga berikutnya. Misalnya, akar dari triad seperti C Major adalah C, terlepas dari urutan vertikal penyajian ketiga nada (C, E, dan G). Sebuah triad dapat berada dalam tiga posisi yang memungkinkan, sebuah "posisi akar" dengan akar pada bass (yaitu, dengan akar sebagai nada terendah, jadi C, E, G atau C, G, E, dari nada terendah hingga tertinggi), inversi pertama, misalnya E, C, G atau E, G, C (yaitu, dengan nada yang interval ketiga di atas akar kata, E, sebagai nada terendah) dan inversi kedua, misalnya G, C, E atau G, E, C, dengan nada yang berada pada interval kelima di atas akar (G ) adalah nada terendah.

Terlepas dari apakah tali busur berada pada posisi akar atau dalam posisi inversi, akarnya tetap sama dalam ketiga kasus tersebut. Akord ketujuh dengan empat nada memiliki empat kemungkinan posisi. Artinya, akord dapat dimainkan dengan nada dasar sebagai nada bas, nada ketiga di atas nada dasar sebagai nada bas (inversi pertama), nada seperlima di atas nada dasar sebagai nada bas (inversi kedua), atau nada nada ketujuh di atas nada dasar sebagai nada bas (inversi ketiga). Akord kesembilan dengan lima nada mengetahui lima posisi, dan seterusnya, tetapi posisi akar selalu berada pada tumpukan sepertiga, dan akar adalah nada terendah dari tumpukan ini (lihat juga Faktor (akor) ).

Posisi akar, inversi pertama, dan inversi kedua akord C mayor Play root position C major chord, Play first inversion C major chord, atau Play second inversion C major chord . Akar akord (semuanya sama) berwarna merah.
Posisi akar, inversi pertama, dan akord inversi kedua pada bass C Play root position C major chord, Play first inversion A minor chord, atau Play second inversion F major chord . Akar akord berwarna merah.

Mengidentifikasi akar[sunting | sunting sumber]

Menentukan akar akord dari inversi Play . "Mencabut triad terbalik ke posisi root". [1]

Gagasan tentang akar akord terhubung dengan posisi akar akord, bukan dengan inversinya . Ketika berbicara tentang "triad C" (CEG), nama akord (C) juga merupakan akarnya. Jika nada dasar berada pada nada terendah dalam akord, nada tersebut berada pada posisi akar. Jika akarnya adalah nada yang lebih tinggi (EGC atau GCE), akornya dibalik tetapi tetap mempertahankan akar yang sama. Akord yang dikelompokkan dalam musik tonal biasanya dapat digambarkan sebagai tumpukan sepertiga (walaupun beberapa nada mungkin hilang, terutama pada akord yang berisi lebih dari tiga atau empat nada, yaitu nada ke-7, ke-9, dan lebih tinggi). Cara teraman untuk mengenali akar akord, dalam kasus ini, adalah dengan mengatur ulang akord yang mungkin terbalik sebagai tumpukan sepertiga: maka akarnya adalah nada terendah.

Ada jalan pintas untuk ini: dalam triad terbalik, akarnya berada tepat di atas interval seperempat, dalam ketujuh terbalik, akarnya tepat di atas interval satu detik. [1] Dengan jenis akord, seperti akord dengan tambahan nada keenam atau akord di atas titik pedal, lebih dari satu kemungkinan analisis akord dapat dilakukan. Misalnya, dalam sebuah karya musik bernada, nada C, E, G, A, yang dibunyikan sebagai sebuah akord, dapat dianalisis sebagai akord keenam C mayor di posisi akar (triad mayor – C, E, G – dengan ditambahkan keenam – A – di atas nada dasar) atau sebagai inversi pertama Akord minor ketujuh (akord A minor ketujuh berisi nada-nada A, C, E dan G, namun dalam contoh ini, nada C, nada ketiga dari A minor akord, ada di bass). Memutuskan nada mana yang menjadi akar dari akord ini dapat ditentukan dengan mempertimbangkan konteksnya. Jika akord dieja C, E, G, A muncul tepat sebelum akord D 7 (dieja D, F , A, C), sebagian besar ahli teori dan musisi akan menganggap akord pertama sebagai akord ketujuh minor pada inversi pertama, karena perkembangannya ii 7 –V 7 adalah gerakan akord standar.

Berbagai perangkat telah dibayangkan untuk mencatat akord terbalik dan akarnya:

  • Nama dan simbol akord (misalnya, C mayor, A minor, G 7, dll.)
  • Analisis angka romawi (misalnya I untuk menunjukkan akord tonik dan V untuk menunjukkan akord dominan )
  • Akord garis miring (misalnya, bass G/B, yang menginstruksikan pemain yang memainkan akord untuk memainkan triad G mayor dengan "B" pada suara bass/nada terendah)

Konsep akar telah diperluas untuk mendeskripsikan interval dua nada: interval dapat dianalisis sebagai bentukan dari sepertiga yang bertumpuk (dengan nada-nada bagian dalam hilang): ketiga, kelima, ketujuh, dst., (yaitu, interval yang berhubungan dengan angka ganjil), dan nada rendahnya dianggap sebagai nada dasar; atau sebagai inversi yang sama: kedua (inversi ketujuh), keempat (inversi kelima), keenam (inversi ketiga), dst., (interval sesuai dengan angka genap) dalam hal ini nada atas adalah nada akar. Lihat Interval .

Beberapa teori musik tonal yang merupakan praktik umum mengakui nada keenam sebagai kemungkinan interval di atas nada dasar dan dalam beberapa kasus mempertimbangkan bahwa 65 Namun 65 akord berada pada posisi akar – hal ini khususnya terjadi dalam teori Riemann . Akord yang tidak dapat direduksi menjadi sepertiga bertumpuk (misalnya akord dari seperempat bertumpuk) mungkin tidak dapat diterima dengan konsep akar, meskipun dalam praktiknya, dalam lembar awal, komposer dapat menentukan bahwa akord kuartal mempunyai akar tertentu (misalnya, a bagan buku palsu yang menunjukkan bahwa sebuah lagu menggunakan akord A sus4(tambahkan 7), yang akan menggunakan nada A, D, G. Meskipun ini adalah akord kuartal, komposer telah mengindikasikan bahwa nada tersebut memiliki akar A. )

Tangga nada mayor berisi tujuh kelas nada unik, yang masing-masing dapat berfungsi sebagai akar nada:

Triad posisi root dari tangga nada C mayor [2] Play .

Akord dalam musik atonal seringkali memiliki akar yang tidak dapat ditentukan, begitu pula akord interval yang sama dan akord interval campuran ; akord seperti itu sering kali paling baik dicirikan oleh konten intervalnya. [3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Penyebutan pertama tentang hubungan inversi antara triad muncul dalam Artis musicae (1608) karya Otto Sigfried Harnish, yang menggambarkan triad sempurna di mana nada bawah nada kelima diekspresikan dalam posisinya sendiri, dan triad tidak sempurna, di mana nada dasar (yaitu, root ) dari akord hanya muncul lebih tinggi. Johannes Lippius, dalam bukunya Disputatio musica tertia (1610) dan Synopsis musicae novae (1612), adalah orang pertama yang menggunakan istilah "triad" ( trias harmonica ); ia juga menggunakan istilah "root" ( radix ), tetapi dalam arti yang sedikit berbeda.[4] Thomas Campion, Cara Baru Membuat Bagian Empat di Conterpoint, London, c. 1618, mencatat bahwa ketika akord berada pada inversi pertama (keenam), bass bukanlah "basis sebenarnya", yang secara implisit sepertiga lebih rendah. "Dasar sebenarnya" Campion adalah akar dari akordnya.[5]

Pengakuan penuh atas hubungan antara triad dan inversinya umumnya diberikan kepada Jean-Philippe Rameau dan karyanya Traité d'harmonie (1722). Rameau bukanlah orang pertama yang menemukan inversi triadik, [6] tetapi pencapaian utamanya adalah menyadari pentingnya suksesi akar (atau akord yang diidentifikasi berdasarkan akarnya) untuk konstruksi nada suara (lihat di bawah, Perkembangan akar ).

Akar vs fundamental[sunting | sunting sumber]

Konsep akar akord tidak sama dengan konsep dasar getaran kompleks. Ketika bunyi harmonik, yaitu bunyi dengan bagian harmonik, tidak memiliki komponen pada frekuensi dasar itu sendiri, nada frekuensi dasar ini tetap dapat terdengar: inilah nada dasar yang hilang . Efeknya ditingkatkan dengan fakta bahwa fundamental yang hilang juga adalah perbedaan nada dari bagian harmonik.

Namun nada-nada akordnya belum tentu membentuk rangkaian harmonik. Selain itu, masing-masing catatan tersebut memiliki fundamentalnya masing-masing. Satu-satunya kasus di mana not akord tampak membentuk rangkaian harmonis adalah triad mayor. Namun, triad mayor dapat terbentuk dari interval sepertiga dan seperlima, sedangkan parsial harmonik yang bersesuaian berjarak pada interval ke-12 dan ke-17. Misalnya, C3 E3 G3 adalah triad mayor, tetapi parsial harmonik yang bersesuaian adalah C3, G4, dan E5. Akar dari triad adalah C abstrak, sedangkan fundamental (yang hilang) dari C3 E3 G3 adalah C1 – yang biasanya tidak terdengar.

Akar yang diasumsikan[sunting | sunting sumber]

Asumsi root, Am 7 /B: Akord minor kesembilan tanpa root dan dengan B pada bass. [7] Play Am 9 /B, Am 7, lalu Am9 penuh.

Akar yang diasumsikan (juga tidak ada, atau dihilangkan) adalah "bila akord tidak mengandung akar ([yang] biasa)".[8] Dalam konteks apa pun, ini adalah akar nada yang belum dimainkan. 'Asumsi' ini dapat dibangun melalui interaksi fisika dan persepsi, atau berdasarkan konvensi murni. "Kami hanya mengartikan sebuah akord sebagai akarnya dihilangkan ketika kebiasaan telinga membuat kita benar-benar perlu memikirkan akar yang tidak ada di tempat seperti itu."[penekanan asli].[9] “Kami tidak mengakui Akar yang dihilangkan kecuali dalam kasus di mana pikiran tentu menyadarinya ... Ada juga kasus dalam iringan instrumental di mana akar musik dipukul pada awal suatu takaran, telinga merasakannya sepanjang sisa takaran" (penekanan pada aslinya).[10]

Dalam tabulasi gitar, ini dapat diindikasikan, "untuk menunjukkan di mana letak akar", dan untuk membantu seseorang dengan, "menyelaraskan bentuk akord pada fret yang sesuai", dengan asumsi akar berwarna abu-abu, nada lain dalam putih, dan akar bunyi berwarna hitam. [7]

Perbandingan akord Play -7 yang berkurang dan dominan ke-7 [11] ( 9) Play .
Mengurangi penggunaan akord ketujuh dalam modulasi : setiap akar yang diasumsikan, dalam tanda kurung, dapat digunakan sebagai dominan, tonik, atau supertonik . [12] Play ninth chords Jadi C, yang dianggap dominan, akan memodulasi menjadi F.

Contoh dari asumsi akar adalah akord ketujuh yang diperkecil, yang mana nada sepertiga mayor di bawah akord tersebut sering dianggap sebagai akar yang tidak ada, menjadikannya akord kesembilan .[13] Akord ketujuh yang diperkecil memberikan, "fasilitas tunggal untuk modulasi", sebagaimana dapat dinotasikan dalam empat cara, untuk mewakili empat akar asumsi yang berbeda. [12]

Dalam jazz dan jazz fusion, akar sering dihilangkan dari akord ketika musisi yang memainkan akord (misalnya, gitar listrik, piano, organ Hammond ) melakukan improvisasi akord dalam ansambel yang menyertakan pemain bass (baik double bass, bass listrik, atau bass lainnya instrumen), karena pemain bass memainkan root. Misalnya, jika sebuah band memainkan sebuah lagu dengan kunci C mayor, jika ada akord dominan ketujuh yang dimainkan pada akord dominan tersebut (yaitu, G 7 ), musisi yang memainkan akord tersebut biasanya tidak memainkan nada G dalam nada mereka. menyuarakan akord, karena mereka mengharapkan pemain bass memainkan root. Musisi yang memainkan akord biasanya memainkan suara yang mencakup ekstensi ketiga, ketujuh, dan tambahan (seringkali ekstensi kesembilan dan ketiga belas, meskipun tidak ditentukan dalam bagan akord). Jadi, suara khas musisi yang memainkan akord untuk akord G 7 adalah nada B dan F (akord ketiga dan ketujuh datar), bersama dengan nada A dan E (akord kesembilan dan ketiga belas dari akord G 7 . ). Salah satu kemungkinan pengisi suara untuk akord G 7 ini adalah nada B, E, F, A (akord ketiga, ketiga belas, ketujuh, dan kesembilan dari akord G 7 ). (Catatan: interval ketiga belas adalah "kelas nada" yang sama dengan interval keenam, hanya saja intervalnya satu oktaf lebih tinggi; interval kesembilan adalah "kelas nada" yang sama dengan interval kedua, hanya saja satu oktaf lebih tinggi.)

Perkembangan akar dalam musik[sunting | sunting sumber]

Bass fundamental ( basse fondamentale ) adalah konsep yang diusulkan oleh Jean-Philippe Rameau, berasal dari menyeluruhbass, untuk mencatat apa yang sekarang disebut perkembangan akar akord daripada nada terendah sebenarnya yang ditemukan dalam musik, bassline. Dari sini Rameau membentuk aturan untuk perkembangan akord berdasarkan interval antara akar-akarnya. Selanjutnya, teori musik biasanya memperlakukan akar chordal sebagai ciri khas harmoni.[14]

Why is it so important to know the root of the chord? Because the roots of the chords will sound whether we want them to or not, whether or not the alphabetical symbol is correct. The root progression which emerges may not coincide with what we think we have written; it may be better or it may be worse; but art does not permit chance. The root progression supports the work. The total root progression is heard as a substantive element, almost like another melody, and it determines the tonal basis of the music. And the tonal basis of a piece is very important to the construction of themes and to the orchestration.[15]

Analisis bilangan romawi dapat dikatakan berasal dari teori bass fundamental, meskipun tidak secara khusus berteori tentang suksesi akar. Teori dasar bass berbicara dengan benar telah dihidupkan kembali pada abad ke-20 oleh Arnold Schoenberg, [16] Yizhak Sadaï [17] dan Nicolas Meeùs.[18]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Gambar bas

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Wyatt and Schroeder (2002). Hal Leonard Pocket Music Theory, p.80. ISBN 0-634-04771-X.
  2. ^ Palmer, Manus, and Lethco (1994). The Complete Book of Scales, Chords, Arpeggios and Cadences, p.6. ISBN 0-7390-0368-2. "The root is the note from which the triad gets its name. The root of a C triad is C."
  3. ^ Reisberg, Horace (1975). "The Vertical Dimension in Twentieth-Century Music", Aspects of Twentieth-Century Music, p.362-72. Wittlich, Gary (ed.). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall. ISBN 0-13-049346-5.
  4. ^ Joel Lester, "Root-Position and Inverted Triads in Theory around 1600", Journal of the American Musicological Society 27/1 (Spring 1974), pp. 113-116.
  5. ^ Joel Lester, op. cit., p. 112.
  6. ^ B. Rivera, "The Seventeenth-Century Theory of Triadic Generation and Invertibility and its Application in Contemporaneous Rules of Composition", Music Theory Spectrum, p. 67.
  7. ^ a b Latarski, Don (1999). Ultimate Guitar Chords: First Chords, p.5. ISBN 978-0-7692-8522-1.
  8. ^ Chapman, Charles (2004). Rhythm Guitar Tutor: An Essential Guide to Becoming the Consummate Rhythm Guitarist, p.4. ISBN 978-0-7866-2022-7.
  9. ^ John Curwen (1872). The Standard Course of Lessons and Exercises in the Tonic Sol-Fa Method of Teaching Music, p.27. Londong: Tonic Sol-Fa Agency, 8, Warwick Lane, Paternoster Row, E.C.
  10. ^ Curwen, John (1881). The new How to observe harmony, p.44. Tonic Sol-Fa Agency.
  11. ^ Richard Lawn, Jeffrey L. Hellmer (1996). Jazz: Theory and Practice, p.124. ISBN 0-88284-722-8.
  12. ^ a b Adela Harriet Sophia Bagot Wodehouse (1890). A Dictionary of Music and Musicians: (A.D. 1450–1889), p.448. Macmillan and Co., Ltd.
  13. ^ Schoenberg, Arnold (1983). Theory of Harmony, 197. ISBN 978-0-520-04944-4.
  14. ^ Simon Sechter, Die Grundsätze der musikalischen Komposition, vol. I, Leipzig, 1853.
  15. ^ Russo, William (1975). Jazz Composition and Orchestration, p.28. ISBN 0-226-73213-4.
  16. ^ A. Schoenberg, Theory of Harmony, op. cit., and Structural Functions of Harmony, ²1969, pp. 6-9 and passim.
  17. ^ Y. Sadaï, Harmony in its Systemic and Phenomenological Aspects, Jerusalem, pp. 87-88.
  18. ^ N. Meeùs, “Toward a Post-Schoenbergian Grammar of Tonal and Pre-tonal Harmonic Progressions”, Music Theory Online 6/1 (2000), http://www.mtosmt.org/issues/mto.00.6.1/mto.00.6.1.meeus.html. See also http://nicolas.meeus.free.fr/NMVecteurs.html