Air asam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Air Asam India

Air asam atau yang diasamkan adalah air di mana beberapa jenis asam ditambahkan — sering kali jus lemon, air jeruk nipis, atau cuka — untuk mencegah dari pencoklatan buah atau sayuran yang dipotong atau dikuliti untuk mempertahankan penampilannya.[1] Beberapa sayuran dan buah-buahan yang sering dimasukkan ke dalam air yang diasamkan adalah apel, alpukat, seledri akar, kentang, dan pir. Saat buah atau sayuran dikeluarkan dari campuran, biasanya akan menahan kecoklatan setidaknya selama satu atau dua jam, meskipun terkena oksigen.

Manfaat tambahan dari menempatkan item dalam air yang diasamkan adalah bahwa item makanan memperoleh rasa asam yang digunakan, yang bisa sangat menyenangkan di langit-langit mulut.

Air yang diasamkan, paling sering dibuat dengan menggunakan cuka, dapat digunakan pada bangkai sapi yang sudah tua dan digantung (disembelih) untuk membantu membersihkannya. Primals/sub-primals yang menggantung dapat dilap dengan kain yang telah direndam dalam larutan yang diasamkan untuk membantu menghilangkan permukaan "licin" yang dapat menumpuk selama proses penuaan.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Acidulated water recipes". BBC. Diakses tanggal 2011-04-13.