Air Sanih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Air Sanih atau Yeh Sanih adalah tempat wisata yang terletak sekitar 17 km dari Singaraja, Bali. Tempat ini merupakan tempat permandian dengan sumber air. Menurut legenda tempat ini merupakan tempat permandian bagi pasangan muda. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, sumber air ini mempunyai asal usul dari Danau Batur yang letaknya ratusan kilometer dari tempat ini. Air dari sumber ini sering digunakan dalam upacara agama Hindu. Di tempat ini juga dapat ditemui pura yang diujukkan kepada dewa Wisnu.

Berdasarkan babad "Besi Mejajar", "Air Sanih" yang juga disebut "Yeh Sanih"(:bahasa bali, berasal dari kata "ersania" yang artinya "kelod kangin" (=Timur laut). Pada masa kerajaan Bulian, "ersania" disebutkan merupakan sebuah lokasi taman dengan kolam/petirtaan, dan menugaskan 20 orang untuk menjaga tempat tersebut.Konon ke-20 orang tersebutlah yang sampai sekarang disebut sebagai "krama desa linggih" atau "parlemen" nya dalam pemerintahan "Desa Adat Pakraman Yeh Sanih", yang sekarang sering juga disebut sebagai "Desa Enembelas/Krama Desa Linggih" dikarenakan mereka tersebut sekarang hanya masih tinggal berjumlah 16 orang sebagai pemilik tanah "tegakan desa" (=sesuai yang dimuat dalam awig-awig/peraturan desa adat pakraman Yeh sanih).

Aksesibilitas[sunting | sunting sumber]

Tempat Wisata Air Sanih ini terletak di tepi Pantai Lovina, tepatnya di Jalan Raya Sanih, Desa Sanih, Kubutambahan, Buleleng, Bali. Jika Anda berada di kota Singaraja, lokasi pemandian ini terletak sekitar 17 km sebelah timur Singaraja atau sekitar 92 km dari Pantai Sanur dengan perjalanan sekitar 3 jam perjalanan.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]