Lompat ke isi

Agus Muliawan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Agus Mulyawan)

Agus Muliawan atau Ang Hong Chen (5 Agustus 1973 – 25 September 1999) adalah seorang wartawan Tionghoa-Indonesia. Ia lahir di Bali sebagai anak ketiga dari empat bersaudara dari pasangan Adyana Karya dan Lina Sri Rejeki. Ibunya dari marga Liem, sedangkan ayahnya dari marga Ang. Ia menempuh pendidikan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Jurusan Hubungan Internasional, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Ia pernah mendapat kesempatan mengikuti program pertukaran mahasiswa ke Jepang pada 1994. Sepulang dari Jepang, ia mendirikan lembaga swadaya masyarakat bidang pertanian di daerah Bantul, Yogyakarta, bekerja sama dengan sebuah organisasi Jepang. Ketika mahasiswa Yogyakarta turun berdemonstrasi ke jalan memprotes rezim Presiden Soeharto, ia rajin mengambil foto mereka. Karya tersebut mengantarnya ke Asia Press, yang berpusat di Tokyo.

Pada awal Maret 1999, Agus berangkat ke Timor Timur, menerima penugasan kantornya, Asia Press. Ia datang bersama Watai Watanabe, wartawan Jepang, rekan kerjanya. Di Dili, mereka menginap di Hotel Mahkota, sebuah hotel yang terletak di depan pelabuhan Dili. Ia kemudian tewas dalam Kasus Lospalos.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Abadi dalam Foto". Klien Akses.