After the Banquet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sampul edisi Indonesia

After the Banquet (宴のあと, Utage no Ato) adalah sebuah novel karya Yukio Mishima. Bercerita tentang Kazu, seorang paruh baya pemilik dari sebuah restoran Jepang kelas atas yang melayani politisi.[1] Dia bertemu dengan duta besar, Noguchi dan timbul perasaan cinta, dan akhirnya mereka menikah. Dari sana novel mengeksplorasi konflik yang muncul di antara keduanya, seperti ketegangan antara dunia politik, kehidupan Kazu yang sebelumnya tertata dengan baik, dan integritas Noguchi yang berkobar. Ditulis dalam gaya Jepang yang khas, membahas detail pakaian dan makanan dengan sangat dalam.

Publikasi[sunting | sunting sumber]

Pertama kali diterbitkan pada tahun 1960 dengan judul Jepang Utage no Ato. The New Yorker menyebutnya "hal terbesar dan paling mendalam yang telah dilakukan Mishima sejauh ini dalam kariernya yang luar biasa" setelah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh Donald Keene pada tahun 1963. Dalam ulasan retrospektif pada tahun 2016, Iain Moloney dari The Japan Times berkomentar bahwa "tampaknya aneh bahwa sebuah buku yang tidak berbahaya seperti" After the Banquet "dapat memiliki dampak seperti itu."[2]

Politisi Hachiro Arita menggugat Mishima, mengklaim publikasinya melanggar privasinya. Pengadilan Distrik Tokyo memenangkan Arita pada 28 September 1964, pengakuan yudisial pertama Jepang atas hak privasi. Kasus ini menjadi sangat terkenal karena selebritasnya yang berperkara dan keputusannya yang inovatif; itu dinamai kasus "'Setelah Perjamuan'" (「宴のあと」裁判, Utage no Ato Saiban).

Edisi[sunting | sunting sumber]

  • Mishima, Yukio. Utage no Ato. 1961, Tokyo. (OCLC: 27755892)
  • Mishima, Yukio. After the Banquet. 1999, New York. (ISBN 0375705155)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bowers, Faubion (April 14, 1963). "Politics and Love in Japan". The New York Times. Diakses tanggal August 16, 2018. 
  2. ^ Moloney, Iain (February 13, 2016). "After the Banquet". The Japan Times. Diakses tanggal August 16, 2018.