Africanis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Africanis
Africanis (1).jpg
Africanis
Nama lain Anjing Afrika
Anjing Bantu
Anjing pemburu Hottentot
Anjing Khoikhoi
Anjing Zulu
Umbwa wa ki-shenzi
Negara asal Afrika Selatan
Ciri-ciri
Tinggi 50–60 cm (20–24 in)
Bulu Bulu pendek, keras dan tebal;
variasi berbulu dawai mungkin
Warna Mana-mana
Catatan
Diiktiraf oleh Kennel Union of Southern Africa

Africanis adalah satu ras lokal anjing Afrika Selatan. Ia dipercayai berasal usul purba, terus diturunkan dari hound dan anjing paria Afrika purba, diperkenalkan ke Lembah Nil dari Levant. Nama Swahili untuk ras ini adalah umbwa wa ki-shenzi berarti anjing biasa atau anjing kacuk atau "anjing tradisional". Africanis juga merupakan nama payung untuk semua anjing asli di selatan Afrika.

Sementara Persatuan Africanis Selatan Afrika telah mengkonsepkan istilah "africanis" yang keeropaan untuk mengkapsulkan semua ras anjing Afrika, ada sebilangan jenis khusus dikembangkan oleh beberapa kelompok etnik Afrika dengan nama asli dan nama purba sendiri. Jenis-jenis ini bukan "ras lokal" seperti didiktasi oleh Persatuan Africanis, tetapi sebaliknya merupakan jenis unik dikembangkan untuk kondisi tertentu, dan yang menunjukkan perbedaan jenis dengan yang lain.

Persatuan Africanis Selatan Afrika bertujuan untuk melestarikan africanis sebagai ras lokal dari mengembangkannya sebagai ras. Sementara africanis diiktiraf oleh Kennel Union of South Africa (KUSA) sebagai ras muncul, peneliti di situs, seperti antropolog Sian Hall, berpegang bahwa pelbagai jenis anjing Afrika asli berlainan telah pun dikembangkan, selama beribu-ribu tahun, karena jenis disesuaikan dengan kondisi tertentunya oleh suku-suku pribumi Afrika sendiri. Lalu, ia tidak butuh dianggap secara keeropaan sebagai "ras muncul" oleh Institusi Anjing Eropa. Hall berpegang bahawa anjing-anjing ini telah pun dikembangkan sebagai jenis tersendiri sesama pelbagai kelompok etnik Afrika dan bahwa setiap satu layak dianggap dan diiktiraf sedemikian. Ikutannya, satu deskripsi ras tidak bisa diperuntukkan kepada banyak jenis anjing asli berlainan di benua Afrika.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Anjing primitif