Aega (mitologi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam mitologi Yunani, Aega (Yunani Kuno: Αίγη) atau Pinus atau Cynosura atau Melissa, menurut Hyginus, adalah putri Olenus, yang merupakan keturunan Hephaestus.[1][2] Aega dan saudara perempuannya Helike merawat Zeus di Kreta, dan Aega kemudian diubah oleh dewa menjadi konstelasi yang disebut Capella.

Dalam mitologi[sunting | sunting sumber]

Menurut versi lain dari Hyginus, Aega adalah putri Melisseus, raja Kreta. Ia dipilih untuk menyusui Zeus, tetapi karena dia tidak dapat melakukannya, pekerjaan itu dilakukan oleh kambing Amalthea. Hyginus juga melaporkan sebuah catatan bahwa ketika menikah dengan Pan, dia memiliki seorang putra dari Zeus yang dia panggil Aegipan.

Menurut penulis lain, Aega adalah putri Helios dan sangat cemerlang sehingga para Titan dalam serangan mereka terhadap Olympus menjadi ketakutan dan meminta ibu mereka Gaia untuk menyembunyikannya di bumi. Karena itu, dia dikurung di sebuah gua di Kreta, di mana dia menjadi perawat Zeus. Di Titanomakhy, Zeus diperintahkan oleh peramal untuk menutupi dirinya dengan kulitnya (aegis). Dia mematuhi perintahnya dan mengangkat Aega di antara bintang-bintang.

Catatan serupa, meskipun agak berbeda, disampaikan oleh Euemerus dan lainnya.[3] Jelas bahwa dalam beberapa cerita ini Aega dianggap sebagai bidadari dan di cerita lain sebagai kambing, meskipun kedua gagasan tersebut tidak dipisahkan secara jelas satu sama lain. Namanya terkait dengan αίξ, yang berarti kambing, atau dengan άιξ, angin kencang. Keadaan ini telah membuat beberapa kritikus menganggap mitos tentang dirinya terdiri dari dua mitos yang berbeda, satu bersifat astronomis dan berasal dari konstelasi Capella, yang kemunculannya membawa badai dan prahara,[4] dan yang lainnya merujuk untuk kambing yang diyakini telah menyusui Zeus di Kreta.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hyginus, De Astronomica 2.13
  2. ^ Bell, Robert E. (1991). Women of Classical Mythology: A Biographical Dictionary. ABC-CLIO. hlm. 6. ISBN 9780874365818. 
  3. ^ Eratosthenes, Catasterismi 13; Antoninus Liberalis, Metamorphoses 36; Lactantius, Divine Institutes 1.22.19
  4. ^ Aratus, Phaenomena 150
  5. ^ Schmitz, Leonhard (1867), "Aega", dalam Smith, William, Dictionary of Greek and Roman Biography and Mythology, 1, Boston, hlm. 24 

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]