Lompat ke isi

Advanced very-high-resolution radiometer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Instrumen Advanced Very-High-Resolution Radiometer (AVHRR) adalah sensor yang dibawa dari luar angkasa yang mengukur reflektansi Bumi dalam lima pita spektral yang relatif lebar menurut standar saat ini. Instrumen AVHRR dibawa atau pernah dibawa oleh keluarga platform pengorbit kutub (POES) milik National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) dan satelit MetOp Eropa. Instrumen ini memindai beberapa saluran; dua di antaranya berpusat pada daerah merah (0,6 mikrometer) dan inframerah dekat (0,9 mikrometer), yang ketiga terletak di sekitar 3,5 mikrometer, dan dua lainnya radiasi termal yang dipancarkan oleh planet, sekitar 11 dan 12 mikrometer.[1]

Instrumen AVHRR pertama adalah radiometer empat saluran. Versi terakhir, AVHRR/3, pertama kali dibawa oleh NOAA-15 yang diluncurkan pada Mei 1998, memperoleh data dalam enam saluran. AVHRR telah digantikan oleh Visible Infrared Imaging Radiometer Suite, yang dibawa pada pesawat ruang angkasa Joint Polar Satellite System.

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ Baum, Bryan A.; Wielicki, Bruce A. (1992). On the Retrieval and Analysis of Multilevel Clouds. 11th International Conference on Clouds and Precipitation. NASA Technical Reports Server. hlm. 12. hdl:2060/19980008781.