Advanced Spaceborne Thermal Emission and Reflection Radiometer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Etna TAS2002209.jpg
2010 Eruption at Mount Merapi, Indonesia (ASTER).jpg

ASTER (Advanced Spaceborne Thermal Emission and Reflection Radiometer) adalah salah satu dari lima alat sensori jarak jauh yang terdapat pada satelit Terra yang diluncurkan ke orbit bumi oleh NASA pada tahun 1999. Peralatan tersebut telah mengumpulkan data sejak Februari 2000.

ASTER menyediakan gambar bumi beresolusi tinggi di 15 macam spektrum gelombang elektromagnetik, berkisar dari spektrum cahaya yang dapat dilihat hingga inframerah. Resolusi gambar antara 15 hingga 90 meter persegi per pixel. Data ASTER digunakan untuk membuat peta detail dari temperatur permukaan tanah, emisivitas, kemampuan memantulkan cahaya, dan ketinggian.

Pada Juni 2009, Global Digital Elevation Model telah dirilis ke publik. Global Digital Elevation Model yang merupakan kerjasama antara NASA dan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang, adalah pemetaan komplit dari permukaan bumi, mencakup 99% permukaan bumi. Peta teranyar NASA yang sebelumnya, Shuttle Radar Topography Mission, hanya mencakup sekitar 80% area permukaan bumi. Peta ASTER mencakup area permukaan bumi 83 derajat lintang utara dan 83 derajat lintang selatan. Peta ini dibuat dengan menyatukan 1,3 juta gambar optis yang diambil ASTER, dengan pengukuran ketinggian daratan secara global dengan interval 30 meter.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]