Adimarga sepeda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Adimarga sepeda di jalan Ankeny Street Portland, Oregon

Adimarga sepeda, kadang-kadang disebut sebagai jalur hijau lingkungan, [1] jalan lingkungan, [2] jalur sepeda lingkungan [3] atau jalan raya lintas moda[4] adalah jenis jalur sepeda yang terdiri dari jalan berkecepatan rendah yang telah "dioptimalkan" untuk lalu lintas sepeda.[5] Adimarga sepeda mencegah lalu lintas kendaraan bermotor, namun memperbolehkan lalu lintas kendaraan bermotor lokal. Mereka dirancang untuk memberikan prioritas kepada pengendara sepeda sebagai lalu lintas. Hal ini dimaksudkan sebagai cara berbiaya rendah dan populer secara politis untuk menciptakan jaringan jalan yang terhubung dengan kenyamanan dan/atau keamanan pengendara sepeda yang baik.

Adimarga sepeda berupaya mencapai beberapa tujuan:

  • pencegahan lalu lintas kendaraan bermotor non-lokal;
  • batas kecepatan rendah;
  • volume lalu lintas kendaraan bermotor yang rendah;
  • perjalanan arus bebas untuk sepeda dengan menetapkan jalur kanan jalan raya sepeda di persimpangan jika memungkinkan;
  • pengatur lalu lintas untuk membantu sepeda melintasi jalan arteri utama;
  • tampilan dan/atau suasana yang khas sehingga para pesepeda mengetahui keberadaan boulevard sepeda dan para pengendara diingatkan bahwa jalan tersebut merupakan jalur prioritas bagi para pesepeda; Dan,
  • peningkatan lingkungan karena promosi penggunaan sepeda.

Elemen desain jalur sepeda ini dimaksudkan untuk menarik para pengendara sepeda yang santai, tidak mau mengambil risiko, tidak berpengalaman, dan berusia lebih muda yang tidak akan mau bersepeda di tengah lalu lintas kendaraan bermotor. Dibandingkan dengan jalur sepeda atau jalur kereta api, jalur sepeda juga merupakan pendekatan yang relatif murah untuk menarik demografi bersepeda yang lebih luas.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Adimarga sepeda pada umumnya ditandai dengan tanda di awal dan akhir adimarga sepeda.[6] Yang juga diperlukan agar jalan tersebut disebut sebagai adimarga sepeda adalah pewarnaan; di Belanda, bagian jalan yang dilalui pengendara sepeda ditandai dengan warna merah (warna yang sama dengan yang digunakan untuk fasilitas sepeda terpisah di Belanda). Ruas jalan ini disebut rabatstroken</link> .[7] Pengendara juga menaiki ruas ini, namun juga terdapat bagian jalan yang tidak berwarna yang dapat dilalui dengan setengah (dua roda) mobil bila hendak berpapasan dengan pengendara sepeda.

Adimarga sepeda mungkin menggunakan berbagai elemen pelambatan lalu lintas untuk mencapai lingkungan yang aman. Hal ini menyulitkan pengendara untuk melintasi jalan raya dengan kecepatan tinggi. Namun, mereka tidak sepenuhnya memblokir akses kendaraan bermotor (yaitu menggunakan trotoar) yang akan menjadikan rute tersebut sebagai fasilitas sepeda terpisah dan bukan sebagai jalan raya sepeda. </link>[ <span title="This claim needs references to reliable sources. (August 2016)">kutipan diperlukan</span> ]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Neighborhood Greenways | The City of Portland, Oregon". Portlandoregon.gov. Diakses tanggal 2016-08-17. 
  2. ^ "Louisville Neighborways". LouisvilleKy.gov. 2014-09-25. Diakses tanggal 2016-08-17. 
  3. ^ "Neighborhood Bikeway Plan". Co.washington.or.us. 2015-05-13. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 September 2021. Diakses tanggal 2016-08-17. 
  4. ^ "Transportation - What is a Neighborhood Byway? | Salt Lake City - The Official City Government Website". Slcgov.com. Diakses tanggal 2016-08-17. 
  5. ^ "Bicycle Boulevards - National Association of City Transportation Officials". Nacto.org. 2014-06-20. Diakses tanggal 2016-08-17. 
  6. ^ "Nieuws | Fietsersbond". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-04-16. Diakses tanggal 2014-04-15. 
  7. ^ "Fietsstraat" [Street bike] (dalam bahasa Belanda). Gemeentehuis Oss. April 14, 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 13, 2016. Diakses tanggal August 12, 2016.