Lompat ke isi

Adikara III

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ario Adikara III adalah Adipati Pamekasan yang memerintah pada tahun 1737-1743 menggantikan mertuanya yaitu Ario Adikara II yang meletakkan jabatan sebagai Adipati Pamekasan. Istri Ario Adikara III merupakan putri sulung dari Ario Adikara II.

Asal-usul[sunting | sunting sumber]

Nama asli Ario Adikara III adalah Raden Sujono dan pernah menggunakan nama Raden Tumenggung Baskarang, merupakan putra kedua dari Adipati Sumenep, Raden Tumenggung Wiramenggala alias Raden Tumenggung Purwanegara alias Raden Suderma (1705-1707). Beliau mempunyai kakak bernama Raden Alza yang dinobatkan sebagai Adipati Sumenep bergelar Ario Cakranegara IV alias Pangeran Lolos (1737-1743).

Ibu mertua Ario Adikara III, yaitu Raden Ayu Adikara II adalah adik kandung ayah beliau (Raden Tumenggung Wiramenggala), yaitu sama-sama anak dari Raden Tumenggung Wirosari, Adipati Sumenep 1684-1702. Ini merupakan pernikahan antar sepupu dan dikaruniai beberapa anak, yang terkenal antara lain: (1) Raden Alsari yang kemudian menjadi Adipati Pamekasan bergelar Ario Cokroadiningrat I alias Ghung Seppo Pamekasan 1752-1800 dan (2) Raden Alsana yang kemudian menjadi Adipati Pamekasan bergelar Ario Cokroadiningrat II alias Ghung Tenga 1800-1804.

Ario Adikara III meninggal di desa Sendang pada tahun 1743 sehingga mendapat julukan Adikara Sidhing Sendang. Yang menggantikan tahtanya adalah adik iparnya bernama Raden Ismail yang kemudian bergelar Ario Adikara IV.

Daftar Pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Zainalfattah.1951.Sedjarah Tjaranja Pemerintahan Di Derah-Daerah Di Kepulauan Madura Dengan Hubungannya. The Paragon Press. Pamekasan
  • Adurrahchman, Drs.1971.Sejarah Madura Selajang Pandang. Sumenep

Templat:Topik Pamekasan