Adaptasi dari Sherlock Holmes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kisah-kisah Sherlock Holmes oleh Sir Arthur Conan Doyle telah sangat populer sebagai adaptasi untuk panggung, dan kemudian film, dan kemudian televisi. Empat jilid Universal Sherlock Holmes (1995) yang disusun oleh Ronald B. De Waal mencantumkan lebih dari 25.000 produksi dan produk terkait Holmes.[1] TItu termasuk tulisan asli, "bersama dengan terjemahan dari kisah-kisah ini ke dalam enam puluh tiga bahasa, ditambah Braille dan steno, tulisan tentang Tulisan atau kritik yang lebih tinggi, tulisan tentang Sherlockian dan perkumpulan mereka, tugu peringatan dan memorabilia, permainan, teka-teki, dan kuis , rekaman fonograf, kaset audio dan video, cakram padat, cakram laser, balet, film, musikal, operet, oratorio, drama, program radio dan televisi, parodi dan pastiche, buku anak-anak, kartun, komik, dan banyak barang lainnya — dari iklan hingga anggur — yang telah terkumpul di seluruh dunia pada dua karakter paling terkenal dalam sastra."[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Doyle, Arthur Conan (2007-11-05). The New Annotated Sherlock Holmes: The Complete Short Stories: The Adventures of Sherlock Holmes and The Memoirs of Sherlock Holmes (Non-slipcased Edition) (Vol. 1) (The Annotated Books) (dalam bahasa Inggris). W. W. Norton & Company. hlm. lxii. ISBN 9780393059144. 
  2. ^ De Waal, Ronald Burt. ""The Universal Sherlock Holmes" | University of Minnesota Libraries". www.lib.umn.edu. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 29, 2021. Diakses tanggal 2016-12-28. 

Literatur[sunting | sunting sumber]

  • Peter Haining, The Television Sherlock Holmes, W.H. Allen, London, 1986. ISBN 0-491-03055-X.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]