Adam Warlock (Marvel Comics)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Adam Warlock, atau yang biasa disebut Dia atau Adam, adalah sebuah karakter fiksi dalam buku komik Amerika, terbitan Marvel Comics. Kemunculan paling awal dalam komik yaitu dalam Fantastic Four #66-67 (tanggal di sampul komik September 1967 dan Oktober 1967), dalam Thor #163-166 (April-Juli 1969). Karakter ini dibuat oleh Jack Kirby dan dalam banyak pengaruh besar dikembangkan oleh Roy Thomas dan Jim Starlin.

Memulai debutnya dalam masa perak kejayaan buku komik, karakter Adam Warlock telah muncul selama 40 tahun dalam seluruh penerbitan karya Marvel, selain Adam Warlock juga telah banyak diwujudkan dalam beberapa merchandise Marvel termasuk serial tv animasi, dan vidio gim.

Adam Warlock, diperankan oleh aktor Will Poulter, membuatnya menjadi debut live-action karakter ini dalam Guardian of Galaxy Vol. 3 (2023), yang berlatar dalam jagat film Marvel Cinematic Universe.

Biografi tokoh fiksi[sunting | sunting sumber]

Penciptaan, metamorfosis, dan kematian[sunting | sunting sumber]

Para ilmuwan di Bumi yang dikenal sebagai Enclave menciptakan sesosok manusia buatan yang sempurna, yang kemudian memanggil dirinya sendiri dengan sebutan “Him”. Setelah memberontak melawan penciptanya, dan memiliki masalah dengan Thor, dia memutuskan untuk pergi meninggakan bumi dan melakukan perjalanan menjelajahi angkasa.

Sampai akhirnya ia bertemu dengan High Evolutionary yang kemudian memberikannya nama “Warlock”. The High Evolutionary meminta Warlock untuk menyelamatkan sebuah planet buatan yaitu Counter-Earth dari serangan Man-Beast yang jahat, dan memberi Warlock sebuah batu permata hijau Soul Gem (dikenal juga sebagai “Soul Stone”) yang memungkinkan Warlock mampu menangkap jiwa-jiwa dari entitas lain. Ketika ia tiba di Counter-Earth, Warlock diberi nama “Adam” oleh empat remaja yang menjadi temannya. Setelah berhasil mengalahkan Man-Beast, Warlock meninggalkan Counter-Earth untuk menemukan tujuan baru hidupnya.

Dalam perjalanannya menjelajahi angkasa , Warlock menemukan sebuah Universal Church of Truth, yaitu organisasi keagamaan antar-galaksi yang dipimpin oleh Magus. Warlock bekerja sama the Pip the Troll, si pembunuh Gamora, dan Thanos dari Titan untuk melawan Magus. Akhirnya Warlock menemukan bahwa Magus adalah dirinya sendiri versi dari masa depan yang melakukan perjalanan waktu kembali ke masa lalu setelah menjadi gila akibat efek penggunaan Soul Stone. Warlock kemudian memilih untuk mengubah garis time-line nya dengan mengunjungi dirinya sendiri dalam beberapa bulan kedepan dan mencuri jiwanya sendiri untuk mencegah dirinya menjadi Magus. Warlock kemudian melanjutkan perjalanannya dan mendapatkan penglihatan tentang kematiannya sendiri, tapi tidak pernah tahu persis kapan kejadian itu akan terjadi.

Ketika The Stranger mencoba mencuri Soul Stone milik Warlock, Warlock akhirnya menemukan bahwa ada lima batu permata lagi yang saling berhubungan. Thanos ingin memiliki semua batu permata ini dengan tujuan menghancurkan matahari Bumi. Thanos akhirnya menyebabkan luka fatal ke Gamora, dan Pip, Warlock memutuskan mengambil jiwa keduanya, untuk mengakhiri penderitaan yang mereka rasakan. Warlock kemudian meminta bantuan Avengers, Captain Marvel, dan Moondragon, untuk menghentikan Thanos. Selama pertempuran, versi Warlock yang lebih muda muncul dan mengambil jiwa Warlock yang lebih tua dan memasukannya ke dalam Soul Stone. Di dalam Soul Stone, Adam bertemu kembali dengan Pip, Gamora, dan lainnya dalam sebuah universe sendiri atau yang biasa disebut “Soul World”. Jiwa Warlock sementara mampu terbebaskan dari Soul Stone, kemudian menemui Thanos dan mengubahnya menjadi batu dan menyelamatkan bumi.