Lompat ke isi

Abu Taghlib

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Uddat al-Dawla Abu Taghlib Fadl Allah al-Ghadanfar al-Hamdani (bahasa Arab: عدة الدولة أبو تغلب فضل الله الغضنفر الحمداني, translit. ʿUddat al-Dawla ʿAbū Taghlib Faḍl Allāh al-Ghaḍanfar al-Ḥamdanī), yang biasa dikenal dengan nama kecilnya, Abu Taghlib, merupakan dinasti Hamdaniyah ketiga dari Emirat Mosul, yang mencakup sebagian besar wilayah Jazira.

Masa pemerintahannya penuh gejolak, ditandai dengan konflik dengan saudara-saudaranya, perselisihan dengan berbagai cabang Bani Buyid untuk memperebutkan kekuasaan di Baghdad, serangan Kekaisaran Bizantium di bawah Yohanes I Tzimiskes, dan keikutsertaannya dalam pemberontakan jenderal Bizantium, Bardas Skleros. Hubungan Abu Taghlib dengan emir Buyid Irak, Izz al-Dawla Bakhtiyar, berfluktuasi antara bersahabat dan konfrontatif, tetapi akhirnya, mereka membentuk aliansi ketika Bakhtiyar menghadapi tantangan terhadap pemerintahannya sendiri. Pada tahun 978, Buyid dari Shiraz, yang dipimpin oleh sepupu Bakhtiyar, Adud al-Dawla, menduduki Jazira, memaksa Abu Taghlib melarikan diri ke Suriah yang dikuasai Fatimiyah. Di sana, ia berusaha untuk mendapatkan jabatan gubernur Damaskus dan terlibat dalam konflik lokal, yang pada akhirnya menyebabkan kekalahannya dalam pertempuran dan dieksekusi pada 29 Agustus 979.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Asal dan latar belakang[sunting | sunting sumber]

Abu Taghlib lahir pada tahun 940 sebagai putra sulung Hamdanid al-Hasan, yang lebih dikenal dengan gelar kehormatannya, Nasir al-Dawla. Ibunya, Fatima binti Ahmad, adalah seorang wanita Kurdi yang dilaporkan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap urusan Nasir al-Dawla.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ El-Azhari 2019, hlm. 86.