Abu'l-Fawaris Ahmad bin Ali

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Abu'l-Fawaris Ahmad ibn Ali
Autonomous ruler of Egypt, Syria and the Hejaz
Gold dinar minted in the name of Abu'l-Fawaris Ahmad and Abbasid caliph, mint in Palestine, 968/9
Rule23 April 968 – 5 August 969
PendahuluAbu al-Misk Kafur
PenerusNone (Fatimid conquest of Egypt)
Wali
Kematian13 July 987
WangsaIkhshidids
AyahAbu'l-Hasan Ali ibn al-Ikhshid
AgamaSunni Islam

Abu'l-Fawaris Ahmad ibn Ali ibn al-Ikhshid ( Arab : أبو الفوارس أحمد بن علي بن الإخشيد ) adalah penguasa terakhir dari penguasa otonom dinasti Ikhsyidiyah , yang memerintah Mesir , Suriah dan Hijaz , dari tahun 968 hingga 969. Namun , dia masih kecil dan tidak menjalankan pemerintahan yang sebenarnya, malah berada di bawah pengawasan wazir Ja'far ibn al-Furat dan kemudian pamannya al-Hasan ibn Ubayd Allah ibn Tughj . Pemerintahannya berakhir dengan penaklukan Mesir oleh Fatimiyah pada musim panas 969.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Ahmad adalah putra penguasa Ikhsyidiyah ketiga , Abu'l-Hasan Ali ibn al-Ikhshid , dan cucu pendiri dinasti, Muhammad ibn Tughj al-Ikhshid[1] .  Ketika ayahnya Ali meninggal pada bulan Januari 966, usianya baru sepuluh tahun; akibatnya, Abu'l-Misk Kafur yang berkuasa , yang telah lama menjadi penguasa negara, mengambil alih tampuk kekuasaan sendiri. [1][2]

Ahmad berhasil naik takhta setelah kematian Kafur pada bulan April 968, namun situasi di Mesir sangat kritis: wazir Ja'far ibn al-Furat mencoba mengendalikan pemerintahan, namun tidak memiliki basis kekuasaan di luar birokrasi; Agen-agen Fatimiyah menimbulkan masalah di kalangan suku Badui ; tentara terpecah menjadi faksi-faksi yang saling bermusuhan ( Ikhshidiyya , yang direkrut oleh Muhammad al-Ikhshid, Kafuriyya , yang direkrut oleh Kafur, dan Saqaliba atau Rum , tentara budak Eropa/ Bizantium ); dan perbendaharaan kosong karena serangkaian banjir rendah Sungai Nil yang menyebabkan kelaparan.[2][3][4]  Pada akhirnya, Ibnu al-Furat digulingkan oleh paman Ahmad, al-Hasan ibn Ubayd Allah ibn Tughj , gubernur Palestina . Hasan menguasai Fustat pada musim gugur 968, dan mengangkat dirinya sebagai wali. Pada mata uang yang dicetak pada periode ini, nama Hasan bahkan mendahului nama Ahmad, penguasa nominal. Namun, hanya tiga bulan kemudian, Hasan membebaskan Ibn al-Jafar, mempercayakannya untuk memerintah Mesir, dan kembali ke Palestina. [2][1]

Invasi Fatimiyah dan Penggulingan[sunting | sunting sumber]

Segera setelah itu, Fatimiyah, mengambil keuntungan dari kekacauan rezim Ikhsyidiyah, melancarkan invasi di bawah Jawhar al-Siqilli . Pada bulan Juni 969, tentara Fatimiyah berdiri di depan Fustat. Setelah pasukan Ikhsyidiyah gagal dalam upaya terakhir untuk menghentikan Fatimiyah, kota tersebut, dan Mesir besertanya, menyerah.  Hasan ditawan, sehingga mengakhiri dinasti Ikhsyidiyah, meskipun loyalis Ikhsyidiyah terakhir di bawah pamannya tetap menguasai bagian selatan Suriah hingga dikalahkan oleh Fatimiyah pada musim semi 970. Menurut sejarawan al-Farghani yang diriwayatkan oleh Ibnu Khallikan , Ahmad meninggal pada tanggal 13 Juli 987.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Bacharach, Jere L. (2006). Islamic history through coins: an analysis and tenth century Ikhshidid coinage. Cairo: American University in Cairo press. ISBN 978-977-424-930-3. 
  2. ^ a b c Petry, Carl F. (1998). The Cambridge history of Egypt. Cambridge: Cambridge university press. ISBN 978-0-521-47137-4. 
  3. ^ Brett, Michael (2001). The rise of the Fatimids: the world of the Mediterranean and the Middle East in the fourth century of Hijra, tenth century CE. The medieval Mediterranean. Leiden Köln: Brill. ISBN 978-90-04-11741-9. 
  4. ^ Kennedy, Hugh (2008). The Prophet and the age of the Caliphates: the Islamic Near East from the sixth to the eleventh century. A history of the Near East / gen. ed.: P. M. Holt (edisi ke-2. ed., [repr.]). Harlow Munich: Pearson Longman. ISBN 978-0-582-40525-7.