Abracadabra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Jimat perak dari abad ke-6 atau abad ke-7, bertuliskan kata-kata yang mirip dengan abrakadabra

Abrakadabra adalah sebuah mantra yang digunakan sebagai kata ajaib dalam trik sulap, dan menurut sejarah, kata ini diyakini memiliki kekuatan penyembuhan ketika tertulis di sebuah jimat.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Abrakadabra tidak diketahui asal mulanya, dan kemunculan pertama kata ini adalah pada abad kedua dalam karya Serenus Sammonicus, menurut Oxford English Dictionary.[1] Beberapa etimologi rakyat yang terkait dengan kata ini antara lain:[2] dari ungkapan-ungkapan dalam bahasa Ibrani yang berarti "Saya buat seperti yang katakan",[3] atau bahasa Aram "Saya membuat seperti saya katakan",[4] untuk etimologi rakyat yang menunjuk ke kata-kata yang mirip dalam bahasa Latin dan Yunani seperti abraxas.[5] Menurut OED Online, "tidak ada dokumentasi yang ditemukan untuk mendukung salah satu dari berbagai dugaan tersebut."

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Oxford English Dictionary, Oxford University Press, 2009 
  2. ^ Elyse Graham (December 30, 2016), "Magic words: performative utterance in fact and fantasy", Oxford Dictionaries, Oxford University Press 
  3. ^ Kushner, Lawrence (1998). The Book of Words: Talking Spiritual Life, Living Spiritual Talk. Jewish Lights Publishing. hlm. 11. ISBN 1-58023-020-2. 
  4. ^ Lew, Alan. "This is Real and You Are Completely Unprepared". Little, Brown and Company. Diakses tanggal 16 March 2015. 
  5. ^ Oxford English Dictionary Online, diakses tanggal September 1, 2017 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]