Abdul-Malik al-Houthi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Abdul-Malik Badruldeen al-Houthi (Arab : عبد الملك بدر الدين الحوثي, diromanisasi : ʻAbd al-Malik Badr al-Dīn al-Ḥūthī ) atau Abu Jibril adalah seorang politikus dan pemimpin agama Yaman yang menjabat sebagai pemimpin gerakan Houthi. sebuah gerakan revolusioner yang pada dasarnya terdiri dari Muslim Zaidi. Saudara laki-lakinya Yahia dan Abdul-Karim juga merupakan pemimpin kelompok tersebut, begitu pula mendiang saudara laki-lakinya Hussein, Ibrahim,[1] dan Abdulkhaliq.[2] Abdul-Malik Houthi adalah tokoh terkemuka dalam Perang Saudara Yaman yang dimulai dengan pengambilalihan Houthi di Yaman di Kegubernuran Saada di Yaman utara.

Abdul-Malik al-Houthi
Abdul Malik al-Houthi Tahun 2024
Pemimpin Ansharullah
Mulai menjabat
10 September 2004
Sebelum
Pengganti
Petahana
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir22 Mei 1979 (umur 44)
Kegubernuran Saada, Yaman Utara
PekerjaanPolitikus, Tentara
AgamaIslam Syiah (Zaidiyah)
Karier militer
Pihak Yaman (SPC)
Dinas/cabang Houthi
Masa dinas2004–Sekarang
PangkatKomandan
Pertempuran/perangPemberontakan Hutsi di Yaman
Perang Saudara Yaman (2015–sekarang)
Operasi Prosperity Guardian
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Aktivitas Politik[sunting | sunting sumber]

Abdul-Malik al-Houthi mengkritik pemerintah Yaman karena mempertahankan status quo di negaranya, yang menurutnya telah menjerumuskan masyarakat ke dalam kemiskinan, dan menuduh pemerintah meminggirkan komunitas Zaidi. Pemerintahan presiden Yaman Ali Abdullah Saleh menuduh kelompok al-Houthi mencoba membangun kembali "imamah ulama" (pemerintahan Islam Syiah), yang dibantah oleh al-Houthi.

Al-Houthi dilaporkan terluka parah dalam serangan udara pada bulan Desember 2009, klaim tersebut dibantah oleh juru bicaranya. Pada tanggal 26 Desember 2009, dua hari setelah serangan udara besar-besaran dari Angkatan Udara Kerajaan Saudi, Al-Houthi diklaim telah terbunuh. Namun, klaim tersebut dibantah oleh Houthi, yang kemudian merilis bukti video yang menunjukkan dia masih hidup.

Al-Houthi berpidato di TV Yaman dalam pidato larut malam pada tanggal 20 Januari 2015, setelah pasukan yang setia kepadanya merebut istana presiden dan menyerang kediaman pribadi presiden Abd Rabbuh Mansur Hadi di Sana'a. Dia menuntut Hadi menerapkan reformasi yang memberi gerakan Houthi lebih banyak kendali atas pemerintah.  Meskipun awalnya dilaporkan bahwa Hadi menyetujui tuntutan al-Houthi, presiden mengundurkan diri dari jabatannya pada tanggal 22 Januari, dengan mengatakan proses politik telah "mencapai jalan buntu".  Dewan Keamanan PBB kemudian menjatuhkan sanksi terhadap al-Houthi. Ia dipuji oleh politisi konservatif Iran Mohsen Rezaei, dalam pernyataan dukungan moral dan pembelaan "kebangkitan Islam yang sebenarnya".

Selama pemboman bandara Sanaa oleh pesawat tempur koalisi pimpinan Saudi pada tahun 2015, rudal menghantam kampung halaman al-Houthi di Marran.

Menurut kantor Berita Guardian, lebih dari 40 perwira Saudi telah dilatih di perguruan tinggi militer bergengsi Inggris sejak intervensi Saudi di Yaman dimulai. Perwira ini sebagian besar dilatih di Sandhurst , sekolah RAF di Cranwell dan Royal Naval College di Dartmouth sejak tahun 2015. Kementerian Pertahanan menolak menyebutkan uang yang diperoleh dari kontrak Saudi, karena hal itu dapat mempengaruhi hubungan Inggris dengan Inggris. orang Saudi.

al-Houthi mengutuk kerja sama militer Inggris dan penjualan senjata ke militer Saudi. Menurut analisis Sky News, Inggris telah menjual senjata senilai setidaknya £5,7 miliar kepada koalisi pimpinan Saudi yang berperang di Yaman sejak tahun 2015.

Pada 10 Mei 2020, al-Houthi mengkritik acara Um Harun karena mempromosikan normalisasi hubungan dengan Israel.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Clashes in southern Yemen; rebels leader's brother killed". The Globe and Mail (dalam bahasa Inggris). 2019-08-09. Diakses tanggal 2023-10-30. 
  2. ^ National, The (2018-09-02). "Brother of Houthis' top leader believed dead after air strike". The National (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-10-30.