APDS (peluru anti tank)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Armour-piercing discarding sabot (APDS) adalah jenis proyektil energi kinetik yang distabilkan putaran untuk peperangan anti-lapis baja. Setiap proyektil terdiri dari putaran sub-kaliber yang dilengkapi dengan sabot. Kombinasi proyektil sub-kaliber yang lebih ringan dengan muatan propelan kaliber penuh memungkinkan peningkatan kecepatan moncong dibandingkan dengan peluru kaliber penuh, sehingga meningkatkan kinerja penetrasi lapis baja pada peluru tersebut. Untuk lebih meningkatkan kemampuan penetrasi lapis baja, peluru APDS biasanya dilengkapi inti yang diperkeras yang terbuat dari tungsten atau bahan keras dan padat lainnya.[1][2]

Untuk kaliber tertentu, amunisi APDS dapat secara efektif menggandakan penetrasi armor senjata jika dibandingkan dengan peluru kaliber penuh seperti proyektil AP, Armour-piercing Capped (APC), dan Armor Piercing Capped Ballistic Cap (APCBC).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Shales, Julian. "WW2 People's War - Armour Piercing Discarding Sabot". BBC. Diakses tanggal 10 December 2021. 
  2. ^ "ARMY AMMUNITION DATA SHEETS, SMALL CALIBER AMMUNITION, FSC 1305" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2012-12-22.