AN/ALE-47 (ECM)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sistem Dispenser Penanggulangan Lintas Udara AN/ALE-47 digunakan untuk melindungi pesawat militer dari serangan radar dan inframerah pelacak misil. Ia bekerja dengan menyalurkan flare atau Chaff. Ini digunakan di berbagai pesawat terbang Angkatan Udara AS, Angkatan Laut, dan Angkatan Darat, serta di militer lainnya.[1][2][3][4][5]

Sistem dispenser penanggulangan AN/ALE-47 dikembangkan oleh Tracor, yang sekarang menjadi bagian dari BAE Systems, sebagai versi perbaikan dari sistem ALE-40 lama, dengan lebih banyak otonomi dan perangkat lunak. Sistem dispenser penanggulangan AN/ALE-47 juga diproduksi oleh Symetrics Industries, di Melbourne, Florida. Sistem AN/ALE-47 dapat diintegrasikan pada berbagai jenis pesawat, termasuk helikopter, pesawat kargo, dan pesawat tempur. Pesawat ini mencapai kemampuan operasional awal (IOC) di Angkatan Laut AS pada tahun 1998. Pesawat ini telah terintegrasi pada 38 jenis pesawat berbeda, termasuk F-16, F/A-18, C-17, CH-47 dan UH-60. Pada tahun 2008, lebih dari 3000 set telah dikirimkan dan sistem ini digunakan oleh 30 negara berbeda.

ALE-47 terintegrasi dengan penerima peringatan radar pesawat, penerima peringatan rudal dan sensor peperangan elektronik lainnya. Ketika sensor pesawat mendeteksi ancaman, sistem dispenser penanggulangan secara otomatis meluncurkan tindakan pencegahan frekuensi radio dan inframerah pada waktu optimal untuk mengalahkan rudal yang masuk. ALE kompatibel dengan berbagai tindakan penanggulangan seperti berbagai jenis suar dan sekam. Hal ini juga dirancang untuk bekerja dengan tindakan penanggulangan masa depan yang lebih maju.

ALE-47 terdiri dari unit kontrol kokpit, unit sequencer, dispenser penanggulangan dan programmer opsional. Unit kendali kokpit menyediakan antarmuka dengan pilot. Seorang programmer dapat ditambahkan untuk menambahkan fitur tambahan, seperti evaluasi ancaman tingkat lanjut. Hal ini juga dapat digunakan untuk sepenuhnya mengintegrasikan sistem dengan kaca kokpit pesawat sehingga menghilangkan kebutuhan akan unit kontrol kokpit. Unit sequencer mengendalikan dispenser, dan secara otomatis mampu mendeteksi kesalahan kebakaran dan memperbaikinya. Sequencer dibangun ke dalam unit dispenser pada versi sayap putar. Setiap dispenser dapat menampung lima jenis tindakan pencegahan yang berbeda dengan total 30. Seluruh sistem dapat menampung hingga 32 dispenser pada pesawat sayap tetap dan 16 pada pesawat sayap putar.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "BAE Systems ALE-47 Product page". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-02-20. Diakses tanggal 2011-01-23. 
  2. ^ "AN/ALE-47 Countermeasures Dispenser System". man.fas.org. 
  3. ^ "Symetrics AN/ALE-47 Countermeasures Dispenser System - Product Page". Diarsipkan dari versi asli tanggal April 17, 2013. 
  4. ^ "AN/ALE-47". www.deagel.com. 
  5. ^ "ALE-47 Brochure". BAE Systems International.