ABC Radio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
ABC Radio
Nama sebelumnyaNBC Blue Network (1927-1945)
Jenisjaringan radio
SloganAmerica Listens To ABC (Amerika Mendengarkan ABC)
Negara Amerika Serikat
Ketersediaanseluruh Amerika Serikat, melalui stasiun radio afiliasi di daerah
Tanggal peluncuran1921 (WJZ yang beroperasi menggunakan jaringan Western Union)
PemilikCitadel Broadcasting
Situs webabcradionetworks.com

ABC Radio Networks disingkat ABC Radio adalah jaringan radio di Amerika Serikat. Jaringan ini merupakan unit dari Citadel Broadcasting yang mendapat lisensi untuk menggunakan nama ABC dari mantan pemilik jaringan radio ini, The Walt Disney Company. ABC Radio menampilkan penyiar radio seperti Sean Hannity dan Don Imus.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Jaringan radio ABC dibentuk WJZ di New York. Acara didistribusikan ke stasiun radio lain melalui jaringan kabel Western Union. Sebelum diserap ke dalam National Broadcasting Company pada tahun 1927, WJZ dimiliki oleh Westinghouse. Jaringan WJZ disebut Blue Network sementara jaringan WNBC disebut "Red Network". Kedua jaringan NBC ini dimiliki oleh Radio Corporation of America sehingga harus dipisah pada tahun 1940 setelah dinyatakan sebagai monopoli oleh Komisi Komunikasi Federal. Ketika mengudara, kedua jaringan ini diberi merek "NBC, the National Broadcasting Company", tetapi secara internal, masing-masing disebut jaringan "merah" atau "biru". Sebagai persiapan sebelum dijual, jaringan radio yang nantinya menjadi ABC disebut The Blue Network sebelum resmi dinamakan American Broadcasting Company, Inc. pada tahun 1945 (hak atas nama tersebut sebelumnya dibeli dari Storer Broadcasting).

Dari 1933 hingga 1968, ABC alias Blue Network menyiarkan Don McNeill's Breakfast Club yang dibawakan Don McNeill. Acara tersebut telah menjadi salah satu dari perintis acara pagi di radio, sekaligus acara pagi di radio yang paling tahan lama di Amerika Serikat.

Pada tahun 1982, ABC Radio mengakuisisi Watermark Inc. yang dikenal sebagai sindikator American Top 40 yang dibawakan Casey Kasem dan American Country Countdown yang dibawakan Bob Kingsley. Kasem keluar dari ABC pada tahun 1988, dan memperoleh kembali nama American Top 40 dari ABC pada tahun 1998. Merek American Top 40 dijualnya kepada AMFM Radio Networks yang kemudian diserap oleh Premiere Radio Networks. Kingsley keluar dari ABC pada tahun 2005 sementara American Country Countdown terus mengudara dengan penyiar Kix Brooks sejak 2006. Pada tahun 1991, Dick Bartley bergabung dengan ABC untuk membuat American Gold (acara sempalan American Top 40) dan siaran langsung lagu-lagu lama setiap Sabtu malam.

ABC berusaha menyaingi Talknet dari NBC dengan meluncurkan siaran kata bernama ABC Talk Radio. Pembawa acara di antaranya Tom Snyder dan Barry Farber. Namun, acara ini kalah bersaing dari siaran kata dari kalangan konservatif terutama dari The Rush Limbaugh Show. Setelah Snyder pensiun tahun 1992, ABC menggantinya dengan Leslie Marshall. Namun, afiliasi utama ABC lebih memilih Limbaugh hingga siaran ABC Talk Radio dihentikan.

Pada tahun 2001, ABC kembali berusaha membuat siaran kata, kali ini penekanannya pada bincang politik. Di antara pembawa acara siaran kata ABC yang baru terdapat penyiar televisi seperti Sam Donaldson dari ABC News, Sean Hannity dari WABC, Larry Elder dari KABC, dan John Batchelor dari WABC. Donaldson hanya sebentar membawakan acara sebelum mengundurkan diri. Mark Levin bergabung pada tahun 2005, dan menggantikan kedudukan Elder pada tahun 2007. Mark Davis juga sempat membawakan acara pada tahun 2005.

Dibeli Citadel[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2005, ABC menyatakan akan menjual divisi radio yang dimilikinya. Divisi radio ABC terdiri dari 22 stasiun radio utama ABC Radio, serta jaringan hiburan dan siaran kata ABC. Dua pihak yang saling bersaing untuk membeli adalah Bala Cynwyd milik Entercom Communications dan Forstmann Little & Company milik Citadel Broadcasting. Citadel menawar dengan harga tertinggi, dan memperoleh ABC Radio pada bulan Februari 2006.[1] Perjanjian jual beli ini tidak termasuk Radio Disney, ESPN Radio (atau ESPN Deportes Radio Spanyol), dan 5 stasiun radio ESPN Radio yang sekarang dimiliki Disney. Meskipun demikian, Citadel sudah memiliki sejumlah stasiun radio ESPN, termasuk WYOS di Binghamton, New York, dan KESP di Modesto, California. Walaupun sudah dimiliki Citadel, ABC Radio tetap menyiarkan program berita ABC News Radio produksi ABC News.[2] ESPN Radio dan ESPN Deportes juga tetap disebut sebagai keluarga ABC Radio walaupun sudah berbeda pemilik (Radio Disney tidak lagi dimasukkan sebagai anggota).[3] Akuisisi ABC Radio oleh Citadel Broadcasting secara resmi selesai pada 12 Juni 2007.[4]

Program unggulan[sunting | sunting sumber]

Siaran kata[sunting | sunting sumber]

Musik[sunting | sunting sumber]

Multikultural[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]