49 (drama Jepang)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
49
49dramaJepang.png
Genre Sekolah, Keluarga, Persahabatan, Fantasi
Pengarang Shinji Nojima
Sutradara Kyoji Ootsuka
Pemeran Shori Sato
Yuta Jinguji
Maika Yamamoto
Penggubah lagu tema Taro Makido
Lagu pembuka Watashi no Okite oleh Chicken Basket
Lagu penutup Watashi no Okite oleh Chicken Basket
Negara Jepang
Bahasa Bahasa Jepang
Jumlah musim 1
Jumlah episode 11
Produksi
Produser Harikazu Morizane, Hiroyuki Ueno, Hirohito Watanabe
Lokasi Jepang
Rilis
Jaringan penyiar NTV
Tanggal rilis 05 Oktober (2013-10-05) – 28 Desember 2013 (2013-12-28)
Kronologi
Diawali oleh Kamen Teacher
Dilanjutkan oleh SHARK
Pranala luar
[Situs resmi Situs web]

"49" (Forty Nine) adalah sebuah drama televisi Jepang yang ditayangkan di NTV pada tahun 2013. Drama ini dibintangi oleh Shori Sato dari boyband Sexy Zone sebagai pemeran utama, dan beberapa anggota Johnny's Jr. sebagai pemeran pendukung.[1] Mereka masih berada dalam agensi yang sama, yaitu Johnny & Associates. Lagu insert drama ini yang berjudul A My Girl Friend dinyanyikan oleh Sexy Zone.[2]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Dan Kagami (Shori Sato) adalah seorang siswa yang sangat tidak populer di sekolahnya. Ia jarang pergi ke sekolah dan lebih suka mengurung dirinya di rumah. Suatu malam, atas perintah ibunya, Dan mengirimkan surat cerai kepada ayahnya yang jarang pulang ke rumah dan hanya peduli pada pekerjaannya. Namun, saat dalam perjalanan pulang, sebuah kejadian menimpa Dan dan ayahnya yang menyebabkan ayahnya meninggal dunia.

Mengingat masih ada hal yang harus ia selesaikan, arwah ayah Dan pun mendatangi Dan dan meminjam tubuhnya selama 49 hari. Sejak saat itu, sosok Dan pun berubah drastis. Dan menjadi populer di sekolahnya dan berhasil mengencani gadis paling populer di sekolahnya. Dan juga tergabung dalam tim basket dan mendapatkan teman-teman baru. Namun, tentu saja ada orang yang menyadari dan curiga akan sosok Dan tersebut. Sachi Takami (Maika Yamamoto) dan Satoshi Inoue (Yuta Jinguji) adalah dua orang pertama yang menyadari hal tersebut. Dan pun mau tidak mau harus mengaku pada mereka berdua.

Masalah bertambah rumit ketika arwah Dan yang asli kembali muncul secara tiba-tiba. Namun, orang-orang disekitarnya tampak lebih menyukai sosok Dan yang dirasuki oleh arwah ayahnya. Terutama Sachi yang memang menyukai ayah Dan sejak ia menolongnya dari pembullyan. Sachi tidak tahu bahwa Dan sebenarnya menyukai dirinya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tokoh utama drama ini, Dan Kagami diperankan oleh center boyband Sexy Zone, Shori Sato. Dan adalah seorang lelaki pendiam dan tidak populer di sekolahnya. Ia buruk dalam bermain basket, maupun dalam pelajaran. Namun hal itu berubah sejak arwah ayahnya merasuki dirinya. Ia berubah menjadi lelaki yang ceria, pandai bergaul, pandai bermain basket, dan menjadi sangat populer. Dan telah menyukai Sachi Takami sejak lama dan sering membeli foto Sachi dari temannya, Satoshi Inoue. Namun, sayangnya Sachi justru jatuh cinta pada Dan yang dirasuki oleh ayah Dan. Menyebabkan terjadinya cinta segitiga.

Yuta Jinguji dari Johnny's Jr., yang masih memiliki hubungan senior-junior dengan Shori juga turut bermain dalam drama ini sebagai Satoshi Inoue. Satoshi merupakan salah satu teman sekolah Dan. Ia, bersama dengan Sachi adalah orang pertama yang menyadari bahwa arwah ayah Dan telah memasuki tubuh Dan. Satoshi memiliki masa lalu yang kelam di mana orang tuanya bercerai saat ia masih sangat kecil dan ia tinggal bersama ibunya. Namun, ibunya tidak memiliki satu pun foto masa kecilnya yang membuatnya berpikir bahwa orang tuanya tidak menyayanginya. Ia sering menerima pesanan untuk mengambil gambar secara diam-diam dan mendapat bayaran menggunakan kamera yang ayahnya berikan padanya sewaktu kecil.

Aktris Maika Yamamoto berperan sebagai Sachi Takami. Gadis yang telah disukai Dan sejak lama. Sachi adalah seorang gadis penyendiri yang tidak memiliki teman di sekolahnya. Sachi selalu menjadi korban pembullyan siswi-siswi di sekolahnya. Dan yang dimasuki oleh arwah ayahnya berhasil membantu Sachi keluar dari pembullyan tersebut membuat Sachi menjadi menyukainya. Selain itu, Dan yang dimasuki oleh arwah ayahnya juga pernah membantu agar ayahnya tidak dikeluarkan dari tempatnya bekerja.

Peran Kenta Yashiro diperankan oleh Kentaro Yasui dari Johnny's Jr., yang masih memiliki hubungan senior-junior dengan Shori dan Yuta. Kenta adalah ketua tim basket di sekolah Dan. Namun sayangnya, tim basket tersebut sangatlah lemah dan hampir tidak pernah memenangkan pertandingan sekali pun. Hal itu menyebabkan tidak ada murid yang mau memasuki klub basket dan klub basket terancam dibubarkan. Sewaktu Kenta pertama kali melihat Dan yang dimasuki arwah ayahnya bermain basket, Kenta sangat terpukau dan memohon agar Dan memasuki klub basket.

Nanase Nishino dari idol grup Nogizaka46 berperan sebagai Mana Minazuki, gadis paling populer di sekolah Dan. Mana berasal dari keluarga yang sangat elit dan memiliki paras yang sangat cantik. Selain itu, Mana juga bersikap ramah kepada siapapun. Mengira bahwa putranya menyukainya, ayah Dan menggunakan tubuh Dan pun menyatakan cinta pada Mana yang diterima oleh Mana. Pada awalnya, Mana hanya bermain-main saja dengan Dan dan tidak pernah datang dalam kencan mereka. Namun, perasaannya pada Dan mulai tumbuh ketika ia melihat Dan yang terus menunggunya untuk datang meskipun hujan mulai turun dan hari berubah menjadi gelap.

Yuko Kagami diperankan oleh Masumi Nomura. Yuko adalah kakak kandung dari Dan. Yuko memasuki sekolah seni mengikuti jejak ibunya yang memang berbakat dalam seni. Pada suatu hari, Yuko hamil dan tidak mau memberitahu Dan dan ibunya siapa ayah dari anaknya tersebut. Setelah Dan mencari tahu, Dan akhirnya mengetahui ayah dari anak tersebut yang merupakan seorang host di sebuah klub malam dan memiliki hutang yang sangat besar. Ternyata, lelaki tersebut tidak mencampakkan Yuko, melainkan Yuko lah yang mencampakkan lelaki tersebut. Akhirnya, demi putri sulungnya tersebut, Dan yang dirasuki oleh arwah ayahnya berusaha membuat klub malam tersebut laris untuk membayar hutang-hutang lelaki tersebut. Bersama dengan para anggota klub basket, Dan membentuk grup bernama Chicken Basket dan melakukan cosplay menjadi wanita dan menari menggunakan lagu Watashi no Okite bersama.

Peran Aiko Kagami diambil oleh Mahiru Konno. Aiko adalah ibu dari Dan dan Yuko. Aiko memutuskan untuk menceraikan suaminya setelah mengira suaminya berselingkuh. Namun, ternyata sosok yang ia kira sebagai selingkuhan suaminya adalah seekor kucing, menyelesaikan kesalah pahaman yang terjadi di antara keduanya. Namun sayangnya, ia baru mengetahui hal itu setelah suaminya meninggal. Ketika ia tahu bahwa arwah suaminya merasuki tubuh putranya ia sangat marah dan meminta agar putranya dikembalikkan.

Lainnya[sunting | sunting sumber]

Informasi episode[sunting | sunting sumber]

Episode Rating
(Kanto)
01 3,1%
02 2,7%
03 3,2%
04 2,4%
05 2,6%
06 1,7%
07 2,8%
08 1,8%
09 2,6%
10 2,2%
11 2,0%
Rata-rata 2,5%

Kredit produksi[sunting | sunting sumber]

  • Penulis naskah: Shinji Nojima
  • Kepala produser: Harikazu Morizane
  • Produser: Hiroyuki Ueno, Hirohito Watanabe
  • Sutradara: Kyoji Ootsuka
  • Musik: Taro Makido

Musik[sunting | sunting sumber]

Chicken Basket[sunting | sunting sumber]

Chickenbasket.jpg

Chicken Basket (チキンバスケッツ, Chikin Basukettsu) adalah sebuah grup fiksi dalam drama 49 yang seluruh anggotanya berasal dari agensi Johnny & Associates. Lagu pertama grup ini berjudul Watashi no Okite yang digunakan sebagai lagu tema drama tersebut.

Meskipun dinyanyikan oleh Chicken Basket, lagu tersebut dimasukkan dalam daftar trek album kedua Sexy Zone yaitu Sexy Second.[3] Selain itu, Sexy Zone juga berperan dalam menyanyikan lagu insert drama ini yaitu A My Girl Friend[2] yang dirilis sebagai single oleh Sexy Zone.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Nama Tanggal lahir
Kentaro Yasui (安井謙太郎, Yasui Kentarō) 21 Juli 1991 (umur 27)
Takuto Teranishi (寺西拓人, Teranishi Takuto) 31 Desember 1994 (umur 23)
Ryuya Shimekake (七五三掛龍也, Shimekake Ryūya) 23 Juni 1995 (umur 23)
Myuto Morita (森田美勇人, Morita Myuto) 31 Oktober 1995 (umur 22)
Shori Sato (佐藤勝利, Satō Shori) 30 Oktober 1996 (umur 21)
Aran Abe (阿部顕嵐, Abe Aran) 30 Agustus 1997 (umur 21)
Yuta Jinguji (神宮寺勇太, Jingūji Yūta) 30 Oktober 1997 (umur 20)
Amu Haniuda (羽生田挙武, Haniuda Amu) 26 November 1997 (umur 20)
Fu Takahashi (高橋颯, Takahashi Fū) 08 September 1998 (umur 20)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sexy Zone佐藤勝利が野島伸司脚本「49」で連ドラ初主演! ジャニーズJr.多数出演" (dalam bahasa Jepang). Tower Records Online. 2 September 2013. Diakses tanggal 24 November 2015. 
  2. ^ a b "Sexy Zone新シングル曲"A MY GIRL FRIEND"が佐藤勝利主演ドラマ「49」主題歌に" (dalam bahasa Jepang). Tower Records Online. 17 September 2013. Diakses tanggal 24 November 2015. 
  3. ^ "Sexy Zone reveal details on new album 'Sexy Second'" (dalam bahasa Inggris). Tokyohive. 16 Januari 2014. Diakses tanggal 24 November 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]