24 (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
24
24.jpeg.jpeg
Poster Pandang Pertama
Sutradara Vikram Kumar
Pemeran Suriya
Samantha Ruth Prabhu
Nithya Menen
Musik A. R. Rahman
Perusahaan
produksi
Tanggal rilis
6 Mei 2016
Negara India
Bahasa Tamil

24 adalah film India berbahasa Tamil produksi tahun 2016 bergenre fiksi ilmiah. Film ini disutradarai oleh Vikram Kumar. Suriya memerankan sebagai yang berlakon sebagai pemeran utama, juga mengarahkan film ini di bawah produksi 2D Entertainment. Pemain lain yang juga terlibat dalam film ini di antaranya Samantha dan Nithya Menen.[1]

Skor musik dikerjakan oleh A. R. Rahman, sedangkan Vairamuthu dan Madhan Karky menciptakan lirik lagunya. Film ini bercerita tentang alat perentas masa dan pengembaran. 24 ditayangkan di seluruh dunia pada tanggal 6 Mei 2016, dengan ulasan yang positif dari para kritikus film, serta sukses meraup untung secara komersial.

Plot[sunting | sunting sumber]

24 bercerita mengenai sebuah jam tangan, yang memungkinkan pemiliknya dapat melintas masa lalu dan masa depan dan mengawal masa. Sethuraman (Suriya) adalah seorang ilmuwan bijak yang mencipta jam tangan yang dapat memanipulasi masa itu. Dia menyebut, penciptaan itu sebagai Project 24. Namun, adiknya kembarnya, Athreya (Juga dilakonkan oleh Suriya), menginginkan, jam tangan itu menjadi miliknya. Dia menyerang saudaranya dan membunuh isterinya (Nithya Menen). Sethuraman melarikan diri dengan membawa bayinya tetapi dikejar oleh penjahat . Mengetahui bahawa dia tidak berupaya untuk melarikan diri, Sethu meninggalkan bayi dan jam tangan tersebut dengan seorang wanita yang dia temui di kereta api. Athreya berhasil menangkap adiknya dan membunuhnya, tetapi terlibat dalam kemalangan semasa dalam proses itu dan menyebabkan dia masuk ke dalam keadaan koma selama 26 tahun. Selepas beberapa tahun, bayi bernama Mani (Juga dilakoni oleh Suriya) menjadi dewasa dan berkerja sebagai seorang mekanik jam tangan. Pada suatu hari, dia mulai menyadari jam tangan tersebut adalah alat merentas masa. Dia mulai memanipulasi waktu, terutamanya saat mengalami saat romantis dengan gadis cantik, Sathya (Samantha). Pada saat yang sama, Atherya tahu sejak mengalami koma dan mula mencari jam tangan tersebut untuk mendapatkan masa mudanya yang hilang.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Suriya sebagai Mani, Sethuraman dan Athreya
  • Samantha Ruth Prabhu sebagai Sathya
  • Nithya Menen sebagai Priya
  • Ajay sebagai Mithran
  • Saranya Ponvannan sebagai Sathyabhama
  • Girish Karnad sebagai Sathya's grandfather

Produksi[sunting | sunting sumber]

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Agustus 2009, sutradara Vikram Kumar mengumumkan bahawa dia akan menyutradarai sebuah film bertajuk 24. Film ini akan diproduksi oleh Mohan Natarajan dengan pemeran utama Ikram. Dalam satu wawancara dengan The Times of India di Chennai, Vikram Kumar meyatakan bahawa Ileana D'Cruz akan memainkan pemeran utama wanita. Pada Februari 2010, Vikram Kumar secara rasmi mengumumkan bahawa dia tidak jadi mengarahkan film tersebut. Vikram Kumar menjelaskan, ingin mengubah sedikit naskah film, tetapi ditolak oleh Vikram dan produser film. Vikram Kumar kemudian mendekati Mahesh Babu yang juga tidak berminat dengan tawaran itu. Pada bulan Agustus 2014, Suriya telah diumumkan sebagai pemeran utama priaserta akan memproduksi film tersebut.

Original soundtrack[sunting | sunting sumber]

Original soundtrack film ini dikerjakan oleh A. R. Rahman. Manakala, Vairamuthu dan Madhan Karky menciptakan lirik bagi lagu-lagu dalam filem ini. Album ini mempunyai enam track, dan telah dirilis pada 11 April 2016 oleh Eros Music.

Daftar track[sunting | sunting sumber]

24 (soundtrack)
Album soundtrack oleh A. R. Rahman
Dirilis 11 April 2016 (2016-04-11)
Direkam 2014–16
Panchathan Record Inn, Chennai
A M Studios, Chennai
A R Studios, Mumbai
Panchathan Hollywood Studios, Los Angeles
Durasi 25:52
Bahasa Tamil
Label [ros International
Produser A. R. Rahman
Kronologi A. R. Rahman
Muhammad: The Messenger of God
(2015)
24
(2016)
Pelé: Birth of a Legend
(2016)
Versi Tamil
24 (Tamil) [Original Motion Picture Soundtrack][2]
No. Judul Pencipta Penyanyi Durasi
1. "Naan Un"   Madhan Karky Arijit Singh, Chinmayi 04:48
2. "Mei Nigara"   Karky Sid Sriram, Sanah Moidutty, Jonita Gandhi 05:16
3. "Punnagaye"   Vairamuthu Haricharan, Shashaa Tirupati 04:16
4. "Aararoo"   Karky Shakthisree Gopalan 03:41
5. "My Twin Brother"   N/A Srinivasa Krishnan, Hriday Gattani 03:28
6. "Kaalam Yen Kadhali"   Vairamuthu Benny Dayal 04:23
Durasi total:
25:52

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Anupama Subramanian (13 February 2015). "Suriya and Samantha to team up". Deccan Chronicle. Diakses tanggal 14 February 2015. 
  2. ^ "24 (Tamil) [Original Motion Picture Soundtrack] - EP by A. R. Rahman on iTunes". iTunes. Diakses tanggal 2016-04-17.