Piala Thomas 1949

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari 1949 Thomas Cup)
Piala Thomas 1949
Informasi turnamen
Edisike-1
Jadwal
penyelenggaraan
22–26 Februari 1949
Tempat
penyelenggaraan
Inggris Preston, Inggris
Skotlandia Glasgow, Skotlandia
Hasil turnamen
ThomasMalaysia Malaya
1952

Piala Thomas 1949 adalah edisi perdana turnamen bulu tangkis Piala Thomas. Putaran final turnamen ini, atau yang merupakan babak antarzona, diselenggarakan di Glasgow dan Preston sejak tanggal 22 hingga 26 Februari 1949. Tiga tim berpartisipasi pada putaran final. Denmark mendapat bye sehingga dapat langsung tampil pada pertandingan final, sementara Amerika Serikat dan Malaya saling berhadapan terlebih dahulu.

Malaya menjuarai turnamen perdana ini setelah mengalahkan Denmark[1] pada pertandingan final di Queen's Hall, Preston. Amerika Serikat kalah pada pertandingan pertama.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Turnamen ini awalnya direncanakan untuk 1941–1942 (musim bulu tangkis di belahan bumi utara umumnya berlangsung dari musim gugur hingga satu tahun kalender sampai musim semi tahun berikutnya), tetapi ditunda ketika Perang Dunia II yang meledak di seluruh benua. Impian Sir George Alan Thomas akhirnya terwujud pada tahun 1948–1949 ketika total sepuluh tim nasional (dihitung sejak babak kualifikasi) mengikuti kompetisi Piala Thomas yang pertama.

Peserta[sunting | sunting sumber]

Kualifikasi[sunting | sunting sumber]

Hanya tiga tim dari tiga wilayah yang ambil bagian dalam babak antarzona. Malaya awalnya tidak mengikuti babak kualifikasi tetapi lolos ke final.

Amerika
Pasifik
Eropa

Skuad[sunting | sunting sumber]

Lokasi penyelenggaraan[sunting | sunting sumber]

Dua lokasi pertandingan di dua kota yang berbeda menjadi lokasi penyelenggaraan pertandingan pada putaran final.

Pertandingan pertama berlangsung di Glasgow, Skotlandia, sementara pertandingan final berlangsung di Queen's Hall, Preston, Inggris.

Format[sunting | sunting sumber]

Dalam format yang direncanakan berlangsung hingga 1984, seluruh rangkaian pertandingan terdiri dari sembilan pertandingan individu; suatu negara perlu menang setidaknya dalam lima pertandingan. Dua pemain tunggal berperingkat teratas dari masing-masing tim saling berhadapan, sehingga total terdapat empat pertandingan. Pertandingan tunggal kelima diikuti pemain tunggal peringkat ketiga dari masing-masing tim. Pertandingan juga berlangsung antara dua pasangan ganda yang saling berhadapan seperti pada pemain tunggal, sehingga terdapat juga empat pertandingan untuk nomor ganda. Setiap rangkaian pertandingan berlangsung dalam dua hari, yakni empat pertandingan pada hari pertama dan lima pertandingan pada hari berikutnya.

Hasil pertandingan[sunting | sunting sumber]

Babak pertama[sunting | sunting sumber]

22–23 Februari 1949
Malaysia  6–3  Amerika Serikat

Final[sunting | sunting sumber]

25–26 Februari 1949
Malaysia  8–1  Denmark

Hasil akhir[sunting | sunting sumber]

 Piala Thomas 1949 

Malaya
Gelar ke-1

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mike's Badminton Populorum". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-30. Diakses tanggal 2021-10-17. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Diarsipkan [Date missing], di tangkis.tripod.com Galat: URL arsip tidak dikenal